Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat air tebu
Manfaat Air Tebu (Foto: Freepik)

Air tebu menjadi salah satu minuman manis alami favorit yang disukai banyak orang. Pembuatannya dilakukan dengan cara memeras batang tebu, lalu sari tebu yang terkumpul akan disaring sebelum dapat Anda konsumsi. 

Tentunya, ada banyak manfaat air tebu yang bisa Anda dapatkan selain memberikan kesegaran bagi tubuh.Bagi yang penasaran apa saja manfaat air tebu, yuk langsung cek informasinya berikut ini.

Kandungan Gizi Air Tebu

Dalam satu gelas air tebu sekitar 240 mm, terdapat beberapa kandungan gizi penting, yaitu kalori 183 kkal, serat 0-13 gram, protein 0 gram, gula 50 gram serta lemak 0 gram.

Selain itu, perasan air tebu juga memiliki kandungan vitamin A, B1-B6, C dan E. Bahkan, segelas air tebu dapat memberikan beragam mineral bagi tubuh, seperti zat besi, kalium, fosfor dan kalsium.

Air tebu juga bisa menjadi sumber antioksidan karena mengandung asam fenolat, ellagic acid, caffeic acid, serta quercetin.

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Menambah Energi dalam Tubuh

Air tebu yang Anda konsumsi pada siang hari dapat memberikan kesegaran sekaligus menambah energi dalam tubuh. Sebab, gula sederhana yang terkandung dalam tebu mudah diserap. Sehingga, dapat mengisi kembali kadar gula dalam tubuh secara cepat.

2. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kanker

Kandungan kalsium, zat besi, potasium, magnesium serta mangan tinggi membuat air tebu bersifat basa. Selain itu, kandungan flavonoid-nya juga mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat.

3. Membuat Ginjal Tetap Sehat

Manfaat air tebu selanjutnya adalah membantu ginjal tetap sehat dan prima karena rendah kolesterol, tanpa lemak jenuh serta rendah sodium.

Air tebu juga memiliki sifat diuretik yang mampu meningkatkan produksi urine, sehingga membuat Anda lebih sering kencing. Dengan begitu, sistem kerja organ ginjal menjadi lebih efektif serta membuat urine dapat membawa keluar endapan mineral pada saluran kemih.

4. Membantu Proses Perkembangan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam air tebu bisa menunjang perkembangan tulang serta gigi. Sehingga, cocok dikonsumsi oleh anak-anak maupun remaja dengan dosis secukupnya.

5. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut menjadi salah satu kondisi yang terkadang membuat kepercayaan diri menipis. Nah, air tebu ini dapat memberikan pencegahan terhadap bau mulut karena kaya akan mineral, seperti kalsium dan fosfor.

Tak hanya mencegah dan mengatasi bau mulut, air tebu juga berguna untuk membangun enamel gigi sekaligus memperkuatnya.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan kalium pada air tebu mampu menyeimbangkan tingkat pH yang ada di dalam perut serta memfasilitasi sekresi pada cairan pencernaan. Dengan begitu, sistem pencernaan menjadi lebih lancar, bahkan mampu mencegah infeksi pada lambung.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat air tebu lainnya adalah mampu menjaga kesehatan pada kulit berkat kandungan asam glikolat-nya. Asam glikolat sendiri merupakan salah satu antioksidan yang mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Dengan mengonsumsi air tebu secara rutin, maka tampilan kulit menjadi lebih sehat, mengurangi tanda penuaan serta mengatasi terjadinya peradangan.

8. Menjaga Kecerahan Kulit

Selain membuat kulit terlihat lebih sehat, mengonsumsi air tebu juga bisa menjaga kecerahan kulit. Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam tebu cukup tinggi, sehingga membuat kulit terlihat lebih baik.

9. Mengobati Jerawat

Masalah jerawat yang mengganggu penampilan ternyata bisa Anda atasi juga dengan cara mengonsumsi air tebu. Sebab, air tebu ini mengandung alpha-hydroxy acids (AHA), seperti asam glikolat.

Dengan kandungan tersebut, iritasi karena jerawat bisa teratasi dengan baik. Bahkan, sekaligus membuang sel kulit mati dan meningkatkan pergantian sel kulit.

Konsumsi secara rutin dengan dosis tidak melebihi asupan gula harian, ya. Sehingga, Anda bisa tetap hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh.

10. Menurunkan Kolesterol

Banyak penelitian atau studi yang menyebutkan bahwa mengonsumsi air tebu dapat membantu menurunkan kolesterol LDL serta trigliserida. Sehingga, kesehatan jantung dapat terjaga dan menurunkan risiko munculnya penyakit jantung seiring pertambahan usia.

11. Mampu Mengendalikan Tekanan Darah

Ternyata, mengonsumsi air tebu juga dapat mengendalikan tekanan darah, lho. Kandungan kaliumnya membantu mengurangi ketegangan dalam pembuluh arteri. Sehingga, berpotensi juga untuk menurunkan risiko pengerasan pembuluh.

12. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Air tebu memiliki kandungan asam amino yang bisa menyeimbangkan jumlah hormon stres pada tubuh. Tak hanya itu, tubuh juga dapat mengubah asam amino menjadi beberapa senyawa, seperti triptofan dan melatonin yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Jika tidur nyenyak, Anda bisa terbangun keesokan harinya dengan tubuh segar dan penuh semangat. Sehingga, mampu menjalani aktivitas harian lebih baik dari hari sebelumnya.

13. Menjaga Kesehatan Hati

Di India, air tebu menjadi obat tradisional yang berguna untuk menyembuhkan gangguan pada fungsi hati.

Manfaat air tebu untuk menjaga kesehatan hati pun diperkuat dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa air tebu mampu mencegah kerusakan hati akibat efek samping penggunaan obat-obatan jangka panjang, seperti pengobatan tuberkulosis.

14. Mencegah Dehidrasi

Air tebu membantu mencegah terjadinya dehidrasi karena mengandung cairan serta elektrolit yang tubuh butuhkan. Tak hanya itu, air tebu mampu melepas dahaga saat merasa haus atau sudah berolahraga. 

Baca Juga : Cara Budidaya Tebu yang baik dan benar

Walau begitu, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan air minum harian, ya. Sebab, air putih menjadi asupan cairan terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

15. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Peredangan Tubuh

Jika menggabungkan air tebu dengan perasan jeruk nipis serta air kelapa, maka minuman ini dapat mengurangi rasa sakit akibat peredangan dalam tubuh. Terutama akibat beberapa penyakit menular, seperti infeksi saluran kemih, prostatitis serta batu ginjal.

16. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Manfaat air tebu berikutnya adalah bisa digunakan untuk detox agar racun berbahaya dalam tubuh bisa dikeluarkan.

Menurut buku The Great American Detox Diet karya Alex Jamieson, konsumsi air tebu secara rutin mampu membersihkan racun berbahaya serta residu yang ada dalam tubuh.

Bahkan, air tebu juga mampu menurunkan berat badan dengan mengonsumsinya secara teratur tanpa berlebihan.

Meskipun memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan, pastikan Anda tetap mengonsumsi secukupnya alias tidak berlebihan. Tujuannya agar gula darah yang ada dalam tubuh tetap terjaga normal.

Adapun batas asupan gula perhari yang disarankan adalah sebanyak 54 gram atau sekitar lima sendok makan. Kalau melebihi batas tersebut, maka akan terjadi risiko obesitas serta meningkatkan penyakit diabetes.

Jadi, meskipun air tebu memiliki IG rendah, sebaiknya penderita diabetes atau orang yang beresiko tinggi mengalami diabetes harus menghindari minuman ini, ya.

Itulah informasi seputar manfaat air tebu bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan konsumsilah secukupnya untuk menghindari terkena penyakit diabetes serta masalah penyakit lainnya.