Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Tahu

manfaat buah naga
Manfaat Buah Naga (Foto:Freepik)

Buah naga merupakan jenis buah tropis rendah kalori yang memiliki dua jenis daging buah, yaitu berwarna putih dan merah. Tentunya, manfaat buah naga berguna untuk kesehatan tubuh, sehingga aman untuk Anda dan keluarga konsumsi setiap hari.

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan, yuk langsung cek di bawah ini.

Kandungi Nutrisi dalam Buah Naga

Buah naga memiliki kulit berwarna merah dengan bentuk bulat unik. Pada bagian dagingnya, Anda akan menemukan biji-biji kecil berwarna hitam yang aman dikonsumsi. Tekstur dagingnya begitu lembut, manis dan segar karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Selain itu, buah naga terkenal memiliki kandungan rendah kalori serta vitamin dan mineral yang tinggi.

Dalam 227 gram buah naga, terkandung sebanyak 136 kkal kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, 7 gram serat, 8% zat besi, 18% magnesium, 9% vitamin C, serta 4% vitamin E.

Tak hanya mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, buah naga juga memiliki senyawa bermanfaat, seperti karotenoid, betasianin, polifenol.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengatasi Sembelit

Buah naga memiliki kandungan serat yang berguna untuk mengatasi dan mencegah sembelit. Kamu dapat mengonsumsinya setiap hari dengan porsi sesuai kebutuhan. Sehingga, buang air besar menjadi lancar dan sistem pencernaan pun menjadi lebih sehat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah naga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini mampu mencegah enzim yang menghambat komponen kulit, seperti hialuronat serta kolagen.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C-nya pun bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Sehingga, kulit tetap terlihat lebih segar, cerah dan sehat setiap hari.

3. Mampu Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah naga berikutnya adalah mampu mengontrol gula darah karena adanya antioksidan serta serat yang terkandung. Bahkan, buah naga dipercaya mampu memperbaiki sel-sel pankreas rusak, sehingga kadar hormon insulin bisa meningkat.

Meski begitu, takaran dan kemungkinan efek samping mengonsumsi buah naga untuk mengontrol gula darah memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi secukupnya saja karena buah ini memiliki indeks glikemik cukup tinggi.

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Dalam biji buah naga, terdapat kandungan asam lemak dan omega-3 yang berguna untuk meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan likopen, karoten dan kaliumnya juga berperan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Baca juga: macam-macam penyakit pada buah naga dan solusinya

Hal itu sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi buah naga mampu menurunkan risiko penumpukan plak pada pembuluh darah. Tentunya, pembuluh darah yang tersumbat akan memberikan risiko cukup tinggi, seperti stroke, serangan jantung hingga kematian.

5. Mencegah Munculnya Depresi

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya depresi. Berkat kandungan magnesium-nya, tingkat kecemasan mulai menurun dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

6. Terhindar dari Penyakit Kanker

Kandungan vitamin C dan likopen dalam buah naga mampu menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Bahkan, senyawa antioksidan lainnya, seperti asam fenolik, betalain serta flavonoid akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menjaga Sistem Imun dalam Tubuh

Selain terhindar dari penyakit kanker, kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan juga mampu menjaga sistem imun tubuh dari kuman penyebab infeksi. Sehingga, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu, pilek dan penyakit infeksi lainnya.

8. Mencegah Munculnya Katarak

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga ternyata bermanfaat pula untuk mencegah munculnya penyakit katarak. Vitamin C ini mampu menghentikan oksidasi pada lensa mata, termasuk penyebab mata katarak.

9. Menurunkan Kolesterol

Tak hanya daging buahnya yang memiliki kandungan antioksidan, biji buah naga juga memiliki kandungan omega-3 dan omega-9. Kandungan nutrisi itu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya tetap normal.

Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dalam batas wajar setiap hari karena keamanan buah naga untuk menurunkan kolesterol masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

10. Membuat Berat Badan Tetap Ideal

Selain mengandung serat yang bisa membuat cepat kenyang, buah naga juga terkenal rendah kalori. Jadi, cocok sekali Anda konsumsi sebagai camilan sehat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

11. Mencegah Munculnya Anemia

Manfaat buah naga lainnya adalah mampu mencegah munculnya anemia. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam buah naga mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Supaya lebih optimal, Anda pun bisa mengonsumsi jenis makanan lainnya yang kaya akan zat besi agar kebutuhan harian nutrisi ini dapat terpenuhi, seperti kacang almond, kacang merah serta daging merah.

12. Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi buah naga secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak menjadi lebih optimal. Anda bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang memicu penurunan berpikir maupun kemampuan daya ingat. Sehingga, Anda dapat lebih fokus serta konsentrasi saat sedang melakukan berbagai kegiatan.

13. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Manfaat buah naga lainnya bermanfaat untuk para wanita, yaitu menjaga kesehatan organ reproduksi. Sebab, buah naga dapat menurunkan risiko penyakit endometriosis. Jika dibarengi dengan olahraga rutin, maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

14. Menjaga Kesehatan Usus

Tahukah Anda bahwa usus menjadi rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme beragam, termasuk lebih dari 400 jenis spesies bakteri. Tentunya, kesehatan usus penting sekali Anda jaga agar bagian tubuh lain dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: cara menanam buah naga bagi pemula

Menurut jurnal dari Food Chemistry, buah naga memiliki kandungan prebiotik yang mampu meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Sebagai serat khusus, prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri sehat atau probiotik dalam usus.

Nah, buah naga sendiri bisa mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat tersebut, yaitu bakteri asam laktat serta bifidobacteria. Sehingga, Anda akan terhindar dari masalah infeksi saluran pencernaan maupun diare.

15. Mampu Menutrisi Rambut

Tak hanya bermanfaat bagi tubuh, buah naga juga memiliki manfaat untuk menutrisi rambut agar terlihat lebih sehat.

Adanya peningkatan kadar zat besi di dalam tubuh akan membuat aliran darah membawa oksigen hingga mencapai folikel rambut. Jadi, impian untuk memiliki rambut sehat pun bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah naga setiap hari.

16. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Magnesium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat. Sehingga, dengan mengonsumsi buah naga, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit tulang, seperti patah tulang hingga osteoporosis.

Perlu diingat, saat mengonsumsi buah naga secara rutin, kemungkinan urine atau warna tinja berubah menjadi merah. Anda tak perlu khawatir karena hal ini tergolong wajar dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Itulah informasi seputar manfaat buah naga yang berguna bagi kesehatan tubuh. Tentunya, Anda dapat mengonsumsi buah naga secukupnya setiap hari untuk memenuhi nutrisi harian. Biar lebih hemat, Anda bisa menanam sendiri buah naga di pekarangan rumah, ya.