Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Penyakit pada Buah Naga dan Solusinya


Penyakit Pada Buah Naga
Penyakit Pada Buah Naga

Proses penanaman buah naga dapat terbilang susah-susah gampang. Sebab, sobat harus tekun merawatnya dengan maksimal saat masa pertumbuhan serta waspada terhadap serangan penyakit pada buah naga tersebut.

Sebab, walaupun jarang terkena penyakit, namun ada beberapa penyakit yang biasa menyerang dan menyebabkan proses pertumbuhan pertumbuhan buah naga menjadi terganggu. Kalau sudah terkena penyakit, maka tanaman buah naga akan menjadi sulit berbuah.

Berikut ini merupakan beberapa penyakit pada buah naga yang dapat sobat ketahui.

Macam-macam Penyakit Pada Buah Naga

Mengetahui macam-macam penyakit pada buah naga dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat sobat bisa merawat tanaman buah naga dengan maksimal.

 Adapun beberapa penyakit yang sering ada pada buah naga adalah sebagai berikut.

  • Karat Merah Alga

Penyakit pada tanaman buah naga ini muncul pada sulur buah naga, dimana bagian sulur yang terkena penyakit akan terlihat seperti melepuh dan berwarna karat kecokelatan.

  • Bercak Orange Sulur

Seperti namanya, bagian sulur buah naga yang terkena penyakit ini akan memiliki bercak berwarna orange dan menyebar tidak beraturan.

Beberapa bagian bercak terlihat ada bintik-bintik berwarna hitam atau cokelat. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan bernama fusarium sp.

  • Putih Sulur

Penyakit tanaman buah naga yang satu ini biasanya terjadi pada buah naga yang sudah berumur 5 tahun. Penyakit ini menyebabkan sulur menjadi berwarna putih merata.

Namun, jika putihnya tidak merata, maka hal itu menunjukkan bahwa penyakit sudah berada di tingkat berbahaya.

Sebab, bercak putih itu akan membesar dan mengelupas, lalu membuat sulur buah naga menjadi berwarna cokelat.

  • Hawar dan Antraknosa Sulur

Penyakit hawar memiliki dua jenis, pertama, ditandai dengan munculnya bercak hitam yang melebar. Mulai dari bagian tepi sulur, kemudian melebar ke bagian permukaan sulur lain.

Kedua, terdapat bercak-bercak berwarna cokelat jerami yang dimulai dari bagian tepi sulur. Dalam bercak itu, terdapat bintik-bintik hitam yang berbasis secara teratur, namun beberapa ada yang memiliki lendir.

  • Busuk Lunak Batang

Penyakit pada buah naga berikutnya adalah busuk lunak, dimana batang yang terserang penyakit akan membusuk. Kemudian, mulai mengeluarkan bau tidak enak serta mengeluarkan air.

Kemunculan penyakit ini diduga karena pengairan berlebihan maupun masalah ketinggian permukaan tanah.

  • Kuning Sulur

Penyakit ini akan membuat sulur berubah warna menjadi kuning. Hal ini terjadi karena kekurangan pupuk berjenis nitrogen.

Apabila sobat tidak memiliki pupuk NPK, maka bisa menggantinya dengan pupuk kandang, seperti kotoran sapi maupun kambing.

  • Antraknosa Buah

Penyakit buah ini ditandai dengan munculnya bercak hitam maupun cokelat yang tak beraturan di bagian kulit pada buah.

Meskipun awalnya kecil, namun kalau tidak segera ditangani, maka akan melebar serta menular ke buah pada naga lainnya.

  • Bercak Orange Buah

Penyakit buah naga ini ditandai dengan bercak berwarna orange seperti besi berkarat yang bisa sobat temukan pada bagian kulit buah naga. Biasanya, penyakit kulit naga ini muncul karena ada serangan dari hama belalang.

  • Bintik Hitam Pada Sulur

Jika sobat melihatnya dengan mata biasa, maka akan terlihat bahwa bintik atau bercak yang terdapat pada sulur berwarna hitam.

Namun, jika sobat mengamati permukaan sulur yang terserang penyakit menggunakan mikroskop, maka akan terlihat ada benjolan cokelat dengan pusat berlubang.

Solusi Mengatasi Penyakit Pada Buah Naga

Penyakit pada buah naga masih bisa sobat tangani dengan cara membuang, mengubur, maupun membakar bagian buah naga yang terserang penyakit supaya tidak menular.

Selain itu, sobat juga bisa melakukan pencegahan dengan cara menggunakan pupuk kandang yang sudah matang. Tujuannya supaya buah naga bisa tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kemudian solusi lainnya untuk pengendalian penyakit pada buah naga bisa dengan menggunakan pestisida jenis bakterisida maupun fungisida. Tentunya, penggunaan pestisida ini menjadi alternatif terakhir yang bisa sobat lakukan.

Apabila sobat bisa merawat buah naga dengan baik, maka hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang sobat harapkan.

Itulah informasi seputar macam-macam penyakit pada buah naga dan solusinya yang bisa sobat ketahui. Kini, sobat sudah tahu nama penyakit yang seringkali menyerang buah naga, bukan?

Kalau sudah mengetahuinya dengan baik, pastikan sobat bisa merawat buah naga secara maksimal, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan berbuah lebat saat panen tiba.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Penyakit pada Buah Naga dan Solusinya"