Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Ciri dan Pengendalian Kanker Batang Durian

kanker batang durian
Kanker Batang Durian

Kanker batang durian merupakan penyakit yang menjadi salah satu permasalahan utama pada tanaman durian.

Penyakit ini dapat menyebabkan produktivitas pohon menurun, sehingga tidak bisa menghasilkan buah secara optimal.

Apabila penyakit kanker batang durian dibiarkan, tak hanya dapat merusak pohon durian, tetapi bisa juga menyebabkan kerugian ekonomi bagi para petani durian.

Oleh sebab itu, sobat harus mengetahui ciri dan cara pencegahan serta pengendaliannya supaya keberadaan penyakit ini bisa teratasi secara baik.

Penyebab Kanker Batang Durian

Kanker batang durian disebabkan oleh jamur bernama Phytophthroa palmivora. Biasanya, cendawan ini muncul pada musim peralihan dari kemarau menuju musim hujan.

Diketahui bahwa tingkat kematian tanaman akibat serangan P. palmivora ini bisa mencapai hingga 50 persen.

Tak hanya menyebabkan kanker batang, cendawan tersebut ternyata seringkali menyerang bagian lain tanaman durian, seperti akar dan buah.

Infeksi penyakit ini terjadi melalui pangkal batang, lalu menyebar ke bagian akar hingga menyebabkan kerusakan sistem pengangkutan pada batang, daun mulai berguguran, bahkan menyebabkan kematian pada tanaman durian.

Adapun daerah yang beresiko tinggi terkena cendawan atau jamur ini adalah dataran rendah yang mana lahannya kekurangan air saat musim kemarau.

Walaupun cendawan ini tidak aktif saat musim kemarau, tetapi jika musim hujan tiba dan udara sekitar menjadi lembab, maka P. palmivora akan mulai menyerang tanaman durian.

Dengan kata lain, cendawan penyebab kanker batang durian sangat menyukai cuaca lembab, seperti terkadang hujan atau panas.

Bagian Tanaman yang Diserang Kanker Batang Durian

Ada beberapa bagian tanaman durian yang kerap diserang oleh kanker batang durian, yaitu:

1. Daun

Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini bisa sobat lihat pada bagian tanaman durian pertama, yaitu daun.

Pada awalnya, sobat hanya akan melihat flek kecil yang terdapat di permukaan daun durian sendiri.

Namun, jika dibiarkan selama 3-5 hari, flek kecil tadi akan mulai berkembang menjadi semakin besar.

Akibatnya, spora berwarna putih akan tumbuh di bagian sisi bercak, terutama pada bagian sisi bawah daun durian. 

2. Batang

Ketika cendawan P. palmivora menyerang bagian batang durian, maka akan terlihat bekas luka semacam bledok berwarna cokelat kemerahan (gummosis).

Apabila kulit batangnya sobat kelupas, tampak terlihat garis-garis cokelat kehitaman di sepanjang jaringan korteknya. 

3. Akar

Bagian tanaman durian yang rentan terkena jamur P. palmivora lainnya adalah akar. Biasanya, jamur ini akan menyerang akar-akar muda yang menyebabkan busuk berwarna hitam pada akar tersebut.

Akibat serangannya pada akar tanaman durian, maka daun akan mulai menguning dan berguguran.

Bahkan, pada serangan yang cenderung berat, maka bisa mengakibatkan kematian dan tanaman pun bisa rebah. Oleh sebab itu, penyakit kanker batang durian tidak boleh sobat sepelekan begitu saja.

Sobat harus mencari cara bagaimana proses pencegahan sekaligus pengendaliannya supaya tanaman durian yang sobat miliki dapat tumbuh optimal dengan baik.

Ciri-ciri Serangan Kanker Batang Durian


Ada beberapa ciri-ciri serangan dari kanker batang durian yang perlu sobat simak, yaitu:

  • Sobat akan melihat adanya luka basah pada bagian kulit batang yang berdekatan dengan tanah. Jika diperhatikan, luka tersebut akan mengeluarkan lendir berwarna merah. 

    Sobat dapat melihat cairan lendir ini pada pagi hari, yaitu sebelum pukul 06.00. Sebab, jika melihatnya saat siang hari, maka lendir itu akan menguap.

  • Ketika serangan penyakit sudah mulai akut, maka kulit batang akan terlihat membusuk dan menyebabkan bagian kayunya menjadi terbuka.

  • Kayu yang sudah terinfeksi akan berwarna coklat kemerahan disertai dengan bintik-bintik berwarna merah serta ungu.

  • Apabila sobat mengetuk batang tanaman durian yang terkena serangan kanker batang durian, maka akan mengeluarkan bunyi gaung yang nyaring. Hal ini disebabkan karena terdapat lubang pada bagian dalam batang tersebut.

  • Saat serangan kanker batang durian sudah mulai berat dan seluruh lingkaran batang sudah membusuk, maka akan terlihat pucuk tanaman yang berubah menjadi kering, daun mulai layu berguguran, hingga menyebabkan kematian pada tanaman durian.

Apabila sobat mendapati ciri-ciri serangan dari penyakit kanker batang durian di atas, maka segera lakukan pencegahan serta pengendalian melalui cara di bawah ini.

Pencegahan Kanker Batang Durian

Ada beberapa pencegahan yang bisa sobat lakukan untuk menangani serangan dari kanker batang durian, yaitu:

●    Sanitasi Kebun

Pencegahan yang paling baik adalah dengan melakukan cara menanam durian yang benar sejak awal selanjutnya dengan sanitasi, pencegahan melalui sanitasi kebun merupakan cara yang sudah lama sering dilakukan dan bisa memberikan hasil efektif.

Sobat dapat mulai melakukan tindakan pembersihan seperti membuang ranting, cabang, serta daun yang terlihat memiliki gejala serangan kanker batang durian.

Tak hanya itu, sobat pun bisa membersihkan gulma di sekitar area tanaman durian. Ketika area sekitar tanaman bersih, maka penyakit pun tidak akan datang dengan mudah nantinya.

  • Perlebar Jarak Tanam

Memperlebar jarak tanam pada pohon durian juga bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker batang durian.

Tujuannya supaya penyakit yang terdapat pada salah satu pohon durian tidak menyebar ke pohon durian lainnya.
 

  • Mengatur Drainase dengan Baik

Sobat bisa mulai mengatur drainase supaya akar durian tidak langsung terendam oleh air. Selain itu, untuk menghindari busuk pada bagian akar, sobat jangan sampai menyiram tanaman durian sampai tergenang.

  • Penyemprotan Fungisida dan Insektisida dengan Rutin

Penyemprotan fungisida dan insektisida yang ditambah dengan ZPT serta multimicro bisa sobat lakukan minimal 1 kali dalam seminggu secara rutin.

Gunakan fungisida yang memiliki kandungan bahan aktif mancozeb serta benomil. Sebab, keduanya terbukti ampuh dalam menekan pertumbuhan jamur P. palmivora.

Untuk cara penggunaannya, sobat bisa mencampurkan semua bahan, lalu aduk hingga merata dengan dosis sesuai yang ada pada label kemasan.

  • Pengontrolan Tanaman Secara Rutin

Pencegahan lainnya yang bisa sobat lakukan adalah mengontrol tanaman durian secara rutin.
Tujuannya supaya sobat menemukan ciri serangan dari kanker batang durian, maka sobat bisa segera mencegahnya secara cepat.

Cara Pengendalian Kanker Batang Durian

Jika penyakit kanker batang durian sudah menyerang tanaman durian sobat, maka ada beberapa cara pengendalian yang bisa sobat lakukan, yaitu:

  • Mengoleskan Bordo pada Batang Tanaman Durian

Cara pengendalian kanker batang durian bisa sobat lakukan dengan membuat bubur bordo. Adapun bahan yang perlu disediakan adalah terusi sebanyak 150 gram, kapur tohor atau gamping sebanyak 150 gram dan 10 liter air.

Kemudian, terusi dan kapur tohor atau gamping bisa sobat tumpuk, lalu larutkan. Sebelum mulai diaplikasikan ke tanaman, sobat harus mengencerkan bubur bordonya terlebih dulu ke dalam 10 liter air.

  • Menggunakan Bahan Kimia

Sobat bisa mulai mengerok kulit batang sudah membusuk sampai terlihat bagian kayunya yang masih sehat.

Kemudian, sisa kulit dan batang sudah sobat kerok harus segera dibakar supaya tidak menjadi sarang bagi sumber penyakit kanker batang durian.

Jika sudah dikerok, sobat bisa mengolesinya menggunakan fungisida, seperti Previcur N dengan dosis sebanyak 2ml/I atau menggunakan Ridomil sekitar 3-5 ml/I.

Untuk luka yang terdapat pada batang tanaman durian, ada baiknya sobat menutupnya dengan parafin carbolineum. Itulah informasi seputar kanker batang durian yang bisa sobat ketahui secara lengkap.

Dengan mengetahui informasi di atas, sobat bisa mencegah penyakit kanker batang pada tanaman durian yang dimiliki.

Posting Komentar untuk "Ketahui Ciri dan Pengendalian Kanker Batang Durian"