Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Durian yang Benar, 100% Berbuah Lebat!

Cara Menanam Durian
Cara Menanam Durian

Siapa yang tidak tahu durian? Walaupun buah tersebut punya ciri khas bau menyengat, tapi penikmatnya ternyata cukup banyak.

Hal tersebut membuat semakin banyak masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman durian sendiri. Sobat juga boleh mencobanya, asal tahu cara menanam durian yang benar.

Hingga sekarang metode penanaman durian juga sudah banyak dikembangkan oleh para peneliti. Jenis durian juga sudah sangat beragam sekarang.

Apabila berminat untuk mencoba membudidayakannya, informasi di bawah ini mungkin bisa membantu sobat.

Durian Punya Banyak Manfaat

Sebelum tahu bagaimana cara menanam durian, sobat bisa jadi penasaran tentang manfaat buah durian. Selain rasanya lezat, alasan orang-orang bersemangat untuk mencoba membudidayakannya adalah karena manfaat dari buah durian itu sendiri.

Bagi kesehatan saja, buah durian sudah dapat memberikan efek positif. Durian diketahui memiliki zat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sebab, kandungan tersebut sangat ampun sebagai penangkal radikal bebas. Sebagian besar ahli pun setuju jika zat dalam buah durian bisa menjadi penangkal kanker.

Selain itu, buah durian juga memiliki manfaat ekonomi. Sobat sudah pasti tahu jika buah durian di pasaran dijual dengan harga yang relatif mahal.

Apabila sobat berhasil membudidayakannya, kemungkinan besar bisa memberikan penghasilan maksimal. Apalagi penikmat durian cukup banyak, sehingga sobat tidak akan kehilangan pasar.

Cara Menanam Durian

Sudah berminat untuk mencoba menanam durian? sobat harus tahu dulu cara menanam durian yang tepat. Sehingga pertumbuhannya bisa bagus dan berbuah lebat. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Pemilihan Lokasi

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah memilih lokasi penanaman yang tepat. Termasuk juga menentukan media tanam dari durian tersebut.

Jangan salah, penentuan lokasi dan media tanam durian sangat penting. Berpengaruh pada kuantitas hasil tanaman durian saat berbuah nanti.

Proses pemilihan media tanam untuk durian dan lokasi harus menyesuaikan dengan syarat-syarat tumbuhnya.

Misalnya lokasi durian harus memiliki intensitas sinar matahari langsung antara 40 hingga 50%. Begitu juga dengan iklim karena akan berpengaruh pada perkembangan tanaman durian.

Sobat disarankan untuk menanam durian pada lokasi yang bersuhu 24 sampai 30 derajat celcius.

Ketinggian lokasi juga sebaiknya berada antara 50 hingga 1000 mdpl. Hanya saja lokasi paling ideal adalah pada ketinggian 350 hingga 1000 mdpl.

  • Jenis Tanah

Sementara jenis tanah yang disarankan untuk tanaman durian yaitu Latosol. Podsolik, atau Andosol. Tanaman durian juga akan tumbuh lebih subur pada kondisi tanah dengan ph 6-7. Usahakan lokasi penanaman durian memiliki curah hujan cukup.

  • Pengolahan Tanah

Awali dengan pembersihan lahan dari gulma dan semak belukar. Buat semacam lubang-lubang untuk penanaman bibit.

Perhatikan jarak antar lubangnya minimal 10 x 10 m. Setelah itu lakukan penyuburan tanah dengan memberikannya pupuk kompos dan pupuk kandang.

Pastikan lubang tanam terkena sinar matahari selama kurang lebih seminggu. Setelah seminggu, silahkan tutup kembali lubang tanam tersebut.

Untuk menghindari serangan hama seperti rayap atau semut, berikan insektisida yaitu Furadan 3G. Baru sobat bisa mengisi lubang tanam hingga penuh dan tidak perlu dipadatkan.

  • Penanaman Bibit Durian

Setelah itu lanjutkan dengan penanaman bibit. Pastikan bibit durian yang mau ditanam bebas dari penyakit atau hama, serta terjaga kesegarannya.

Selain itu, pilih bibit yang memiliki jumlah daunnya lebih banyak. sobat bisa mendapatkannya di toko-toko tanaman.

Mulailah dengan menggemburkan lahan lalu diamkan 3 hari. Berikan pupuk kandang sebagai penambah nutrisi lalu diamkan kembali selama seminggu.

Setelah itu baru pindahkan bibit ke dalam lubang penanaman. Lakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin supaya bisa tumbuh maksimal.

  • Perawatan Tanaman Tanaman Durian

Berikan pupuk NPK atau kompos dengan takaran 1 sendok teh yang dilarutkan pada 10 liter air untuk 10 bibit dan semprotkan seminggu sekali.

Jangan lupa semprot juga pestisida fastak diazinon. Selain itu, lakukan juga pembersihan rumput atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman durian.

  • Masa Panen

Ada perlakukan khusus supaya hasil panen melimpah. Misalnya untuk durian Jawa yang rata-rata berbunga sekitar bulan Juli atau Agustus. Dua bulan sebelumya, sobat bisa lakukan pemupukan dengan cara disuntik.

Buah durian yang siap panen, punya ciri-ciri seperti warna kecoklatan pada ujung durinya. Selain itu memiliki ruas tangkai besar dan mengeluarkan aroma harum.

Ketika buah dipukul akan mengeluarkan suara menggema, walaupun sobat harus melakukan dengan hati-hati supaya tak terluka.

Itu dia tadi cara menanam durian yang tepat. Lakukan cara di atas untuk membuat hasil panen melimpah karena tanaman durian berbuah lebat.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Durian yang Benar, 100% Berbuah Lebat!"