Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Kanker Batang Durian Paling Manjur untuk Dicoba

obat kanker batang durian
Obat Kanker Batang Durian

Kanker batang durian menjadi salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh para petani durian.

Pasalnya, penyakit ini bisa membuat durian sulit berbuah, bahkan berakhir dengan matinya tanaman durian.

Oleh sebab itu, banyak petani yang mencari obat kanker batang durian paling ampuh supaya bisa mengatasi penyakit tersebut.

Bagi sobat yang ingin tahu apa saja obat kanker batang durian paling manjur dan cara pengaplikasiannya, maka bisa simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Kanker Batang Durian Secara Singkat

Kanker batang durian merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora.

Tak hanya menyerang batang durian saja, jamur tersebut akan menyerang juga bagian lainnya, seperti akar, daun hingga buah.

Kerugian yang diakibatkan oleh serangan jamur Phytophora palmivora pada tanaman durian di ASEAN dapat diperkirakan sekitar 20-25% dengan nilai mencapai hingga US$ 5.34 milyar (45 triliun rupiah).

Bahkan, menurut laporan, penyakit ini telah merusak sekitar 30% durian yang ada di penang, Malaysia serta menyerang hampir 54% koleksi durian yang ada di negara Australia. 

Tak hanya itu, dilaporkan juga bahwa penyakit kanker batang durian ini telah menyerang ke sejumlah negara, seperti Brunei Darussalam, Thailand, Philipina hingga Vietnam.

Tingkat serangan tinggi penyakit ini ditemukan terjadi pada kebun durian yang dikelola secara intensif.

Sebaliknya, belum ditemukan laporan mengenai serangan yang serius pada pertanaman subsistem, misalnya pekarangan maupun semi hutan.

Obat Kanker Batang Durian Paling Manjur dan Cocok

Perlu sobat ketahui bahwa ciri utama kanker batang durian adalah terdapat bekas luka semacam blendok yang memiliki warna cokelat kemerahan (gummosis).

Apabila kulit batangnya sobat kelupas, maka akan terlihat garis-garis cokelat kehitaman di sepanjang jaringan kortek tersebut.

Selain itu, cendawan penyebab penyakit kanker batang durian ini biasanya menyukai cuaca lembab, hangat, yang terkadang panas dan terkadang hujan.

Oleh sebab itu, sobat harus bisa melakukan pencegahan dan mencari obat kanker batang durian paling manjur untuk mengatasi permasalahan ini.

Selain menjaga kebersihan sekitar dan mengontrol tanaman durian secara rutin, sobat dapat membasmi penyakit kanker batang durian dengan obat yang memiliki kandungan fungisida.

Untuk pencegahan, sobat bisa menyemprotkan fungisida, lalu ditambah dengan ZPT serta multimicro yang bisa sobat lakukan secara rutin, yaitu minimal satu kali dalam seminggu.

Selain itu, untuk penggunaan obat fungisida, disarankan untuk memilih fungisida yang memiliki kandungan aktif mancozeb serta benomil.

Pasalnya, kedua bahan aktif tersebut terbukti ampuh dalam menekan pertumbuhan jamur Phytophthora palmivora penyebab kanker batang durian.

Hal itu sebagaimana penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti bernama Erlan Ardiana pada tahun 2013.

Saat itu, dirinya melakukan penelitian efektivitas dari berbagai bahan aktif fungisida supaya dapat menekan jamur Phytophthora palmivora.

Ternyata, hasil penelitian tersebut mengemukakan bahwa fungsida dengan bahan aktif mancozeb serta benomil efektif untuk mencegah serta mengobati penyakit kanker batang durian.

Cara Meracik Obat Kanker Batang Durian

Setelah sobat mengetahui bahwa obat kanker batang durian yang paling efektif dan manjur adalah fungisida,maka bisa mulai mencoba untuk meracik obat tersebut.

Sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit kanker batang durian, sobat bisa menggunakan fungisida yang memiliki kandungan bahan aktif mancozeb dan benomil tersebut. Selain itu, sobat juga bisa menyiapkan ZPT serta multimicro.

Kemudian, campurkan semua bahan dan aduk sampai merata sesuai dosis tertera pada label kemasan obat masing-masing.

Jika semua bahan sudah tercampur rata, maka sobat bisa langsung menyemprotkan obat tersebut pada tanaman durian secara rutin.

Minimal penyemprotan ini dilakukan satu kali dalam seminggu untuk pencegahan supaya penyakit kanker batang durian bisa diatasi dan tidak menyerang bagian lainnya.

Sementara itu, jika penyakit kanker batang durian sudah menyerang tanaman, bahkan pada tingkat parah, maka sobat bisa melakukan pengobatan dengan cara menggunakan bubur fungisida yang memiliki kandungan aktif mancozeb serta benomil.

Untuk fungisida yang memiliki bahan aktif mancozeb dan benomil disarankan untuk menggunakan yang bahan aktifnya rendah dulu. Kemudian, sobat bisa menaikkannya jika sekiranya masih merasa kurang mempan.

Jadi, jangan sampai melakukannya langsung ke dosis tinggi, sebab hal ini akan membuat jamur menjadi kebal.

Nah, jika sobat sudah mempersiapkan semua bahan yang akan digunakan sebagai obat kanker batang durian, maka selanjutnya bisa mulai proses peracikan.

Untuk mengobati tanaman durian dari penyakit kanker batang durian pada tingkat yang sudah parah, sobat bisa mengobatinya dengan menggunakan bubur fungisida yang terbuat dari campuran bubuk fungisida berbahan aktif mancozeb dan fungisida berbahan aktif benomil, serta sedikit perekat.

Pasalnya, perekat disini memiliki fungsi untuk meratakan campuran obat serta merekatkan ke bagian tanamannya. Sehingga, dapat membantu dan memudahkan masuk sampai ke stomata.

Untuk perekat, sobat disarankan untuk menggunakan perekat blue sticker. Untuk takaran sobat bisa menggunakan sesuai dosis yang ada di kemasan.

Sementara untuk fungisida, sobat bisa menggunakan secukupnya saja. Lalu, setelah dicampur dengan air, maka bubur fungisida ini akan terlihat seperti cat tembok yang encer.

Jika sudah berhasil membuat bubur fungisida, sobat bisa mulai mengaplikasikannya pada tanaman durian yang memiliki penyakit kanker batang durian tersebut.

Adapun cara pengaplikasian obat kanker batang durian bisa sobat simak berikut ini.

Cara Mengaplikasikan Obat pada Kanker Batang Durian

Untuk mengaplikasikan bubur fungisida sebagai obat kanker batang durian, maka hal pertama yang harus sobat lakukan adalah kerok kulit kayu pada bagian batang tanaman yang telah terserang jamur penyebab penyakit tersebut.

Sobat dapat menggunakan pisau atau sejenisnya untuk mengerok kulit kayu durian. Lalu, kerok sedalam 3-5 mm sampai bersih dan tersisa hanya bagian batang yang sehat saja.

Selanjutnya, sobat bisa langsung mengoleskan bubur fungisida secara merata pada setiap batang yang terkena penyakit kanker batang durian.

Pengobatan ini bisa sobat ulangi dan lakukan secara rutin, yaitu setiap satu bulan sekali sampai batang pohon durian terlihat membaik lagi.

Dengan pengobatan secara rutin, batang pohon durian yang terjangkit penyakit kanker tak terlalu parah, maka luka pada batang sedikit demi sedikit akan tertutup lagi.

Setelah mengetahui obat kanker batang durian, cara menggunakan serta pengaplikasiannya, sobat bisa langsung mencoba semua hal di atas pada tanaman durian yang sobat miliki.

Jangan sampai menunggu sampai penyakitnya parah, sebab hal itu hanya akan membuat penyakit sulit untuk diberantas.

Itulah informasi penting mengenai obat kanker batang durian yang perlu sobat simak dan pahami.

Sobat bisa membeli merek fungisida berbahan aktif mancozeb dan fungisida berbahan aktif benomil untuk mengobati kanker batang durian.

Dengan menggunakan obat tersebut, maka kanker batang durian secara perlahan dapat teratasi dan pohon durian sobat menjadi kembali sehat.

Posting Komentar untuk "Obat Kanker Batang Durian Paling Manjur untuk Dicoba"