Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bawang Putih Dengan Tepat

Menanam Bawang Putih
Menanam Bawang Putih

Bukan hanya bawang merah, bawang putih nyatanya tak kalah penting sebagai bahan bumbu masak.

Bawang putih dikenal punya aroma yang khas sehingga dapat menambah kelezatan setiap hidangan. Untuk itu, sobat sebetulnya butuh informasi cara menanam bawang putih yang tepat.

Pasalnya, harga kebutuhan pokok termasuk bawang putih seringkali mengalami kenaikan. Menanam bawang putih sendiri di rumah adalah solusi terbaik.

Selain menghemat budget, sobat tidak akan kesulitan jika tiba-tiba membutuhkannya. Tinggal ambil saja lalu pakai sebagai bumbu masakan. Begini langkah-langkah penanamannya.

1. Pilih Bibit Bawang Putih

Langkah pertama adalah sobat perlu mencari bibit bawang putihnya dulu. Ada 2 jenis bibit bawang putih, dan sobat dapat memilih salah satunya  berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.

Saat lingkungan sekitar sobat itu panas, boleh pilih bibit bawang putih berjenis soft neck. Sementara jika ternyata sobat tinggal di lingkungan yang cenderung dingin, maka pilihan yang tepat adalah bibit bawang putih jenis hardneck.

2. Menyiapkan Pot   

Oleh karena sobat akan menanam di rumah, maka harus menyiapkan pot. Bawang putih tidak harus ditanam di area yang luas kok. Hanya saja pemilihan pot harus diperhatikan. Pilih pot yang mempunyai kedalaman minimal 20 cm.

Misalnya mau menanam bawang putih satu umbi saja, pilih pot yang kecil sudah cukup. Namun, jika ternyata punya keinginan menanam beberapa umbi silahkan gunakan pot yang lebih besar.

3. Menyiapkan Media Tanam

Hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan media tanam. sobat harus menyiapkan tanah yang sudah berkompos. Jika bingung, silahkan beli saja langsung ke toko-toko tanaman untuk memastikan telah menggunakan tanah berkompos yang tepat.

Selain harus menyediakan tanah berkompos, sobat juga perlu menyiapkan pasir. Campurkan kedua media tanam tersebut dengan komposisi yang tepat. Jadi perbandingan tanah berkompos dan pasir adalah 3:1.

Jika sudah, langsung isi saja pot yang sudah disiapkan tadi dengan campuran media tanam. Jangan lupa, pastikan menyisakan ruang sedalam 2,5 cm dari bibir pot untuk tempat pertumbuhan batang.

4. Penanaman Bawang Putih

Sebelum mulai menanam, pastikan sobat sudah memisahkan setiap siung umbi bawang putih. Menanam umbi bawang putih tidak sulit sama sekali. Sobat dapat menanamnya dengan cara menekan umbi bawang putih ke media tanam.

Tanam bawang putih dengan bagian yang rata pada bawah tanah.  Sementara bagian bawang putih yang runcing, menghadap ke atas.

Benamkan kira-kira sepertiga bagian umbi bawang putih pada tanah. Setelah itu, letakkan pot tadi di tempat yang terkena sinar matahari cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman bawang putih.

5. Perawatan

Jika sudah berhasil dalam proses penanaman, sobat juga tidak boleh mengabaikan langkah perawatan. Sobat harus memastikan tanah pada pot tetap lembab dengan cara rutin melakukan penyiraman. 

Tapi, pastikan juga jangan menyiramnya terlalu sering/banyak. Jumlah penyiraman dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat sobat menanam umbi bawang putih.

Jika menanam di area yang cukup panas, artinya sobat harus lebih sering menyiramnya. Setelah beberapa hari, biasanya umbi bawang putih akan terlihat berkembang yaitu menghasilkan tunas berwarna hijau.

Saat daun sudah mulai panjang, silahkan memotongnya untuk agar pertumbuhan hanya berfokus pada umbi bawang putihnya saja.

6. Masa Panen Bawang Putih

Setelah memasuki usia 90 hingga 120 hari biasanya sudah masuk masa panen. Semakin panas lingkungan penanaman bawang putih, pada umumnya masa panen cenderung makin cepat. Ciri bawang putih siap panen adalah bagian tengah daun sudah terlihat menguning kecoklatan.

Ambil bawang putih yang mau dipanen dengan cara menunggunya hingga tanah mulai kering. Dengan perlahan, longgarkan permukaan tanah dan beri ruang untuk bawang putih supaya lebih mudah diangkat.

Itu dia tadi bagaimana cara menanam bawang putih sendiri di rumah. Mudah sekali bukan? Menggunakan pot dan media tanam yang sederhana, sobat tidak perlu lagi membeli bawang putih di pasaran jika ingin menggunakannya sebagai bumbu masak.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bawang Putih Dengan Tepat"