Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Umbi Porang yang Jarang Diketahui Orang

Sebenarnya, manfaat umbi porang baru diketahui masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu terlihat dari meningkatnya produksi umbi porang. Wajar jika kemudian banyak petani yang beralih untuk menanam porang.

Umbi-umbian ini sendiri sebenarnya sempat dianggap sebagai tanaman liar yang tumbuh di sekitar rumah. Namun, hal tersebut berubah seiring permintaan pasar yang semakin meningkat. Bahkan, pasar Asia sudah banyak membutuhkannya.

Hal seperti ini membuat beberapa orang berpikir terhadap manfaatnya. Jika ada permintaan pasar tinggi, artinya porang memiliki manfaat besar. Lalu, seperti apa saja manfaat dari umbi-umbian ini?

Manfaat Umbi Porang

Manfaat dari Umbi Porang

 Beberapa Manfaat Umbi Porang

Dari berbagai penelitian, ternyata umbi-umbian ini memiliki segudang manfaat. Bukan hanya untuk dikonsumsi, tapi juga keperluan farmasi dan kecantikan. Berikut Sebagian kecil dari manfaat tanaman  porang.

1. Sumber Pangan Sehat

Tidak banyak orang tahu bahwa salah satu manfaat umbi porang adalah untuk sumber pangan sehat. Tepung porang mengandung glukomanan sebagai kandungan utama. Artinya, tanaman porang bisa dijadikan sebagai tepung alternatif.

Bukan hanya itu saja, porang ternyata memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Namun, kandungan seratnya justru berlimpah. Bahkan, ada juga 7 jenis asam amino esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu yang menarik adalah tidak adanya kandungan karbohidrat serta gluten. Oleh sebab itulah porang sangat cocok untuk diet. Hal ini juga yang membuat pasar Asia memintanya dalam jumlah besar.

2. Mengatasi Sembelit

Faktanya, manfaat umbi porang untuk mengatasi sembelit. Hal ini karena kandungan glukomanan yang cukup berlimpah. Porang bisa mengatasi sembelit dengan diolah menjadi suplemen.

Konsumsi rutin selama 10 hari akan membawa perubahan besar. Frekuensi BAB juga akan jauh lebih normal dari biasanya. Itulah mengapa negara maju sudah mulai menerapkan suplemen ini

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pernah ada sebuah penelitian bahwa manfaat umbi porang yang dijadikan suplemen ternyata efektif menurunkan LDL. Bahkan, bukan hanya LDL yang menurun. Namun, ada beberapa sumber penyakit lain yang juga ikut menurun.

Dalam penelitian tersebut, risiko penyakit jantung hingga risiko stroke juga menurun drastis. Hasil penelitian tersebut telah memberikan jawaban dalam dunia medis. Terutama untuk alternatif pilihan obat untuk tubuh.

Manfaat porang yang besar kemudian menjadikan porang mendapat permintaan tinggi dari berbagai negara. Pasar Asia adalah yang paling banyak memanfaatkan porang. Beberapa diantaranya seperti Australia, Taiwan, hingga Jepang.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat umbi porang dari kandungan utama berupa glukomanan ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih besar. Di awal tahun 2000-an, pernah ada penelitian tentang porang. Penelitian tersebut meneliti sejauh mana glukomanan dapat dimanfaatkan.

Penelitian tersebut menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Faktor risiko diabetes dapat ditekan dalam kadar tertentu jika rutin mengkonsumsi olahan porang. Bahkan, olahan umbi porang juga memiliki resistensi terhadap insulin.

5. Mencegah Kanker

Tidak banyak orang mengetahui bahwa tanaman umbi ini memiliki efek untuk menurunkan risiko kanker. Dalam berbagai penelitian, orang yang rutin mengkonsumsi suplemen porang akan memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

Hal tersebut tidak terlepas dari glukomanan yang memiliki sejuta manfaat. Sel kanker bisa ditekan dengan maksimal. Itulah mengapa industry medis mulai aktif memanfaatkan umbi porang untuk kepentingan medis.

6. Membantu Proses Diet

Karena tidak ada kandungan karbohidrat, maka umbi-umbian ini cocok untuk diet. Porang umbi dapat diubah menjadi tepung alternatif. Kemudian diolah menjadi beberapa olahan makanan yang sehat.

Meskipun sempat dianggap sebagai tumbuhan liar, tapi kini telah berubah 180 derajat. Masyarakat sudah mulai memahami nilai ekonominya. Terutama karena manfaat umbi porang sangat penting bagi manusia.

7. Bahan Pembuatan Lem

Tepung porang berkualitas baik dengan kandungan glukomanan tinggi dapat dipakai sebagai bahan pembuatan perekat/lem, lem yang terbuat dari tepung porang mempunyai daya rekat yang sangat baik dan baunya tidak menyengat sehingga bisa dikatakan perekat ramah lingkungan.

8. Bahan Campuran untuk Industri

Glukomanan yang terkandung pada umbi porang bisa dimanfaatkan untuk bahan campuran dalam pembuatan kertas, dan ada beberapa lagi kegiatan industri yang memanfaatkan bahan dari tepung porang seperti pembuatan cat,pembuatan wol juga kain katun dan jas hujan.

9. Bahan Obat

Dalam dunia farmasi kandungan glukomanan yang terdapat pada tanaman umbi yang satu ini digunakan untuk bahan pembuatan obat yaitu sebagai pengikat kapsul. Karena tepung porang mengandung lem yang berfungsi sebagai perekat  kapsul obat.

10. Isolator Listrik

Tepung porang dengan kandungan glukomanan dalam bentuk gel yang sangat mirip dengan sellulosa dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan isolasi listrik yang dapat menghambat penghantaran listrik yang mempunyai kualitas baik.

11. Membuat Bahan Waterproof 

Glukomanan merupakan kandungan utama yang terdapat pada umbian porang dapat dipakai dalam pembuatan bahan tahan air atau waterproof , sebab memiliki sifat anti air yang cukup baik, bila adonan tepung porang dikeringkan akan terbentuk lapisan kedap yang sangat susah di tembus oleh air.

Posting Komentar untuk "Manfaat Umbi Porang yang Jarang Diketahui Orang"