Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Olahan dari Jagung untuk Dijadikan Bisnis

Berkembangnya industri membuat ada beragam contoh olahan dari jagung. Memang, komoditas ini jadi salah satu andalan para petani. Alasannya adalah karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan prospek yang luas.

Jagung sendiri jadi makanan pokok di beberapa negara, terutama kawasan Amerika. Hasil pertaniannya kemudian banyak diolah jadi beraneka ragam jenis makanan dari jagung. Beberapa diantaranya seperti tepung hingga produk farmasi.

Salah satu yang menarik adalah tanaman jagung sering dijadikan sebagai objek penelitian. Hasilnya, varietas jagung menjadi lebih bervariasi. Bahkan, beberapa varietas genetiknya telah menyebar ke seluruh dunia.

contoh olahan dari jagung

Contoh Pengolahan Jagung Untuk Dijadikan Bisnis

Contoh Olahan dari Jagung yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Karena nilai ekonomisnya cukup tinggi, tanaman penuh karbohidrat ini kemudian banyak diolah jadi berbagai produk olahan. Mulai dari produk konsumtif hingga kecantikan telah banyak beredar. Berikut beberapa contohnya.

1. Tepung Jagung

Hampir semua orang telah mengenal contoh olahan dari jagung satu ini. Tepung adalah produk yang bisa dibuat dari banyak bahan. Jagung jadi salah satu yang mampu menyediakan jenis tepung berkualitas.

Di sisi lain, tepung jagung sendiri menjadi salah satu bahan baku utama dalam pembuatan banyak makanan dari bahan jagung. Mulai dari roti hingga gorengan, tepung memiliki fungsi penting. Hal ini perlu Anda manfaatkan.

2. Dodol

Beberapa petani juga memanfaatkan tanaman jagung untuk dijadikan sebagai dodol. Karena pembuatannya yang mudah, dodol jagung bahkan dijadikan sebagai produk olahan jagung khas. Anda pasti pernah merasakan kenikmatan dari dodol tersebut.

Perlu dipahami bahwa olahan makanan dari bahan jagung mampu meningkatkan produktifitas para petani. Petani tidak hanya menanam dan memanen saja. Namun, petani bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai olahan dodol.

Cara ini sendiri sudah banyak diterapkan oleh komunitas petani di berbagai daerah. Wajar saja jika UMKM juga sudah banyak berkembang. Terutama untuk meningkatkan kualitas produk olahan khas berupa dodol.

3. Jus

Saat ini, ada beberapa varietas jagung yang banyak dijumpai. Varietas jagung manis menjadi yang paling popular karena memiliki rasa manis dan segar. Contoh pengolahan jagung dijadikan sebagai bahan pengolahan jus.

Memang, ada beberapa petani yang mengolahnya jadi jus secara langsung. Namun, ada juga beberapa orang yang mencampurnya dengan bahan lain. Namun, rasanya masih akan tetap sama, manis dan segar.

Jus ini akan terasa lebih nikmat saat diberikan es batu. Sajian yang sangat cocok untuk menikmati siang hari yang panas. Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan mencampurkan bahan lainnya.

4. Sirup

Memang, selain jus, contoh pengolahan jagung ada juga sirup jagung. Rasanya cukup manis dan lebih segar dari pada jenis sirup lainnya. Bahkan, produksinya telah menjadi skala besar karena prospek ekonominya yang tinggi.

Jika dijual di pasaran, harganya juga bisa bersaing dengan sirup lainnya. Lebih menarik lagi adalah produksinya bisa dilakukan kapan saja. Terutama saat terjadi musim panen raya dengan hasil melimpah.

5. Pasta

Bagi Sebagian orang yang vegetarian, contoh pengolahan jagung pasta dari jagung menjadi salah satu alternatif terbaik. Bahkan, nilai ekonominya juga jauh lebih baik. Harganya juga terbilang jauh lebih murah.

Hal tersebut juga membuat banyak UMKM memproduksi pasta dari tanaman penuh karbohidrat tersebut. Peluang ekonominya dapat meningkatkan produktifitas para petani. Terutama untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

6. Gula Rendah Kalori

Banyak orang tidak bisa mengkonsumsi makanan manis karena diabetes. Namun, gula jagung sangat berbeda. Memiliki rasa manis, tapi tidak menyebabkan seseorang mengalami kenaikan gula darah.

Bahkan, beberapa ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi gula jagung sebagai alternatif harian. Untuk itulah para petani juga memiliki kesempatan besar mendapatkan keuntungan dari menyediakan gula rendah kalori.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali contoh olahan jagung. Jika Anda memiliki bahan bisa berkreasi dan mengolahnya jadi produk baru lainnya. Contoh pengolahan jagung ini setidaknya dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.

Posting Komentar untuk "Contoh Olahan dari Jagung untuk Dijadikan Bisnis"