Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dari Minyak Nilam yang Perlu Anda Ketahui

Dari beberapa penelitian, diketahui bahwa manfaat dari minyak nilam sangat beragam. Tanaman yang memiliki nama latin Pogostemon cablin Benth ini merupakan salah satu jenis tanaman semak tropis.

Tanaman tropis ini kemudian mampu menghasilkan cairan atsiri setelah proses penyulingan. Tidak heran jika di banyak daerah menjadikan nilam sebagai komoditas utama. Terutama yang cuaca dan kondisi geografisnya mendukung.

Sifat dari minyak yang dihasilkan juga cukup unik. Kandungan atsiri nilam lebih sulit menguap dari pada minyak atsiri lainnya. Bahkan, kegunaan dari minyak ini lebih beragam.

Manfaat dari Minyak Nilam
Manfaat dari Minyak Nilam 

Beragam Manfaat dari Minyak Nilam

Nilam telah lama dikenal sebagai salah satu penghasil cairan atsiri berkualitas baik. Oleh sebab itu, olahan dari nilam kemudian dipakai di berbagai bidang. Beberapa diantara adalah industry kecantikan.

1. Campuran Parfum

Sudah bukan rahasia umum lagi jika manfaat dari minyak nilam salah satunya adalah sebagai campuran parfum. Campuran atsiri dari nilam memberikan efek untuk menghambat proses penguapan pada parfum.

Wangi harum parfum juga terjaga lebih lama dengan adanya campuran atsiri. Hampir semua industry parfum menggunakan campuran dari atsiri. Itulah mengapa campuran ini sangat penting dalam industry parfum.

Kualitas atsiri yang dihasilkan sebenarnya tergantung dari bagaimana pengelolaan dari masa tanam hingga masa panen. Terlebih lagi pemberian pupuk untuk memperkuat tanaman semak tropis satu ini.

2. Sebagai Aroma terapi

Karena sering dipakai sebagai campuran parfum, manfaat dari minyak nilam juga sering dipakai sebagai campuran aroma terapi. Bau yang dihasilkan juga memiliki wangi khas sendiri. Biasanya, wanginya akan jauh lebih segar.

Di banyak negara maju, minyak atsiri kemudian dikombinasikan sebagai aroma terapi untuk kepentingan medis. Efeknya yang mampu menenangkan pikiran memberikan dampak baik bagi seseorang saat menghirupnya.

Tidak heran jika pasar nilam terus meluas hingga berbagai negara. Bukan hanya pasar nasional, tapi juga pasar Asia. Beberapa negara Amerika juga sering mengolah campuran atsiri sebagai aroma terapi.

3. Sebagai Anti Mikroba

Mungkin, kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat dari minyak nilam hanya dipakai untuk campuran parfum atau campuran aroma terapi. Padahal, ada banyak manfaat lain yang tidak kalah mengejutkan setiap orang.

Kandungan anti bakteri yang terkandung mampu memberikan beragam manfaat mulai dari menghilangkan bau mulut hingga menyembuhkan penyakit kulit. Jika Anda perhatikan, ada banyak produk obat yang mengandung campuran atsiri.

Kandungan berupa seychellen dan patchouli alcohol merupakan senyawa yang membuat minyak nilam memiliki efek tersebut. Pemakaian secara rutin akan memberikan dampak luar biasa, terutama menghilangkan bau mulut.

4. Menyembuhkan Masuk Angin

Karena dipakai sebagai aromaterapi, maka manfaat dari minyak nilam sangat efektif untuk menyembuhkan masuk angin. Gejala turunan dari masuk angin juga akan hilang dalam beberapa waktu. Apalagi jika Anda memakai olahan minyak nilam.

Selain dijadikan sebagai aroma terapi, biasanya minyak atsiri juga dipakai sebagai minyak lainnya. Fungsinya hampir sama dengan minyak kayu putih. Hanya saja, ada efek wangi yang cukup khas.

Beberapa produk bahkan mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti mint, citrus, hingga bahan lainnya. Hal ini membuat efeknya untuk menyembuhkan masuk angin jadi lebih efektif dan cepat.

5. Memperlancar Saluran Pencernaan

Ada senyawa diuretic yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Beberapa orang mengalami masalah buang air kecil. Namun, hal tersebut dapat teratasi Ketika menggunakan minyak nilam.

Saluran pencernaan secara umum juga akan jauh lebih lancar. Konsumsi olahan dari minyak nilam memang masih jarang dilakukan. Namun, manfaatnya sangat besar dan telah terbukti secara klinis.

Besarnya manfaat minyak nilam membuat permintaan tanaman semak tropis ini semakin meningkat. Bukan hanya untuk pasar nasional, tapi pasar global mengingat manfaat dari minyak nilam yang sangat besar.

Dengan besarnya manfaat dari minyak nilam dan pangsa pasarnya yang masih sangat luas ini menjadi peluang yang sangat baik untuk petani yang ingin menjadikan nilam sebagai komoditi andalannya.

Posting Komentar untuk "Manfaat dari Minyak Nilam yang Perlu Anda Ketahui"