Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Tahu Tradisional dengan Mudah dan Cepat

Cara buat tahu tradisional
Cara Buat Tahu Tradisional

Siapa yang tidak penasaran dengan cara buat tahu tradisional sebagai salah satu makanan lawas di Indonesia. Tahu merupakan makanan tradisional yang terbuat dari biji kedelai yang perasannya diendapkan.
 
Meskipun di Indonesia tahu sangat populer karena kerap disandingkan bersama tempe, asal tahu ternyata dari Tiongkok lho. Semua masyarakat tanah air pasti pernah merasakan cita rasa khas tahu yang memiliki banyak manfaat.
 
Apabila dikonsumsi secara rutin, tahu bisa membantu mencegah penyakit serangan jantung. Keuntungan lain mengonsumsi tahu dapat menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, hingga menghindar dari resiko kanker yang menjadi penyakit mengerikan.
 
Termasuk dalam makanan tradisional enak yang mengandung protein nabati dan vegetarian, tahu cocok dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Apabila pernah mengonsumsi rasa tahu yang enak di suatu tempat, kini bisa membuat sendiri.
 
Mungkin sobat sudah pernah merasakan makanan tahu yang dibuat seperti tofu, tahu china, pong, tahu putih, hingga tahu sumedang. Penasaran bagaimana cara pembuatan tahu dari awal sampai selesai?
 
Di bawah ini adalah ulasan lengkap cara bikin tahu paling enak dengan mudah dan cepat yang patut dicoba sendiri. Yuk ketahui cara pembuatan tahu selengkapnya berikut ini dengan memahami keseluruhan.

Cara Buat Tahu Tradisional yang Enak

Semakin ke sini, tahu menjadi makanan tradisonal enak ketika dimakan dengan bumbu-bumbu cita rasa khas dari setiap masakan. Inilah cara pembuatan makanan tradisional tahu mentah secara benar dijamin enak dan menyehatkan.
 
1. Siapkan Bahan dan alat
 
Sebelum masuk pada langkah pembuatan tahu selanjutnya, sobat harus menyiapkan bahan-bahan pembuatan tahu secara lengkap. Tenang saja, bahan dan alat membuat tahu yang diperlukan adalah

Bahan Membuat Tahu
  • Kacang kedelai 1 Kg 
  • 1 Grm batu kalsium sulfat(CaSO4) jika tidak ganti dengan asam cuka 3 ml atau air perasan jeruk 
  • air sesuai kebutuhan.
Alat Untuk Membuat Tahu
  • Baskom
  • Panci/wajan
  • Kain penyaring
  • Kompor
  • Blender
  • Pengaduk kayu
  • Cetakan tahu
2. Perendaman
 
Setelah bahan-bahan membuat tahu lengkap disiapkan, langkah membuat tahu yang kedua adalah melakukan perendaman biji kedelai dalam waktu kurang lebih 12 jam. Fungsi merendam biji kedelai agar menjadi lunak membuat proses penggilingan semakin mudah dilakukan.

3. Digiling
 
Apabila sudah direndam selama 12 jam atau lebih, kemudian biji kedelai akan digiling sampai menjadi bentuk bubur. Tujuannya agar memberikan tekstur yang halus dan tidak ada biji utuh sama sekali.
 
Cara buat tahu dari kacang kedelai secara tradisional, ada pilihan cara menggiling secara manual atau menggunakan mesin. Untuk membuat tahu enak yang baik, disarankan memakai mesin guna menciptakan gilingan sempurna sampai benar-benar halus.
 
4. Pemasakan
 
Proses buat tahu selanjutnya, biji kedelai yang telah dihaluskan seperti bubur masuk pada proses pemasakan. Masak dengan api sedang untuk membuat tahu masak menjadi kecoklatan dengan menambahkan beberapa bumbu awal.
 
Bumbu yang dicampurkan bisa berupa kunyit, garam. Bawang, dan air supaya bisa menciptakan cita rasa khas. Jangan masak sampai matang, dalam memasak fungsinya untuk menciptakan kulit terluar jadi lebih coklat.
 
5. Saring
 
Kemudian, sobat harus melakukan penyaringan setelah tahu dimasak sesuai dengan bumbu masakan tradisional kesukaan. Dengan menyaring, sobat bisa memisahkan sisa bumbu pembuatan tahu tradisional agar tidak masuk ke dalam pengemasan nantinya.
 
6.Pengasaman
 
Agar tetap menjadi mentah dan bisa digoreng kembali sesuai selera, proses pengasaman harus dilakukan. Lama proses pengasaman cukup sehari saja, sampai tahu memiliki tekstur lebih lunak serta cenderung berkerut.
 
7. Dicetak dan Dibungkus
 
Terakhir, proses pembuatan tahu tinggal dicetak sesuai keinginan masing-masing untuk menciptakan bentuk terbaik. Bisa dicetak dengan bentuk segitiga, kotak, atau bulat tergantung selera sobat dan menyesuaikan kebutuhan masakan sehari-hari.
 
Setelah berhasil dicetak, jangan lupa dibungkus agar bisa awet lama ketika disimpan belum digunakan untuk memasak. Dengan cara tersebut, proses bikin tahu dijamin bisa berjalan lancar dan tetap mudah.
 
sobat tidak penasaran lagi ketika ingin membuat tahu karena dengan cara tersebut dijamin mudah dicoba sendiri. Cara buat tahu tradisional bisa diterapkan langsung dengan cepat dijamin enak dan menyehatkan tubuh.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Tahu Tradisional dengan Mudah dan Cepat"