Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membuat Tempe Khusus untuk Pemula


cara membuat tempe
Cara Membuat Tempe

Siapa yang penasaran bagaimana cara membuat tempe? Sebagai masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan makanan tradisional ini. Tempe merupakan makanan khas dari negara Indonesia dibuat dari fermentasi kedelai.

Bukan hanya fermentasi kacang kedelai, ada bahan lain untuk pembuatan tempe supaya bisa dikonsumsi secara aman. Tempe memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi bisa membantu tubuh lebih sehat.

Dengan mengonsumsi tempe secara rutin, sel pada tubuh yang rusak akan diperbaiki seiring berjalannya waktu. Kemudian manfaat lain tempe bisa mencegah osteoporosis, mencegah kekurangan darah, hingga menghindari penyakit diabetes.

Segudang manfaat pada makanan tradisional tempe dipengaruhi oleh banyaknya kandungan di dalamnya. Dikarenakan tempe mengandung kalsium, vitamin B12, thiamin, dan fosfor serta retinol dalam jumlah tinggi bila dibandingkan daging sapi.

Konsumen bisa menikmati beragam kandungan tempe yang lain berupa serat, karbohidrat, niasin, biotin, dan masih banyak lainnya. Tempe bisa ditemui secara mudah di sekitar tempat tinggal Anda membuat penasaran pembuatannya.

Agar Anda bisa membuat tempe sendiri, tentunya ada cara mudah yang bisa dicoba khusus pemula. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara bikin tempe secara sederhana dijamin tidak kalah enak.

Cara Membuat Tempe Khusus Pemula

Makanan sehari-hari orang Indonesia pasti tidak jauh dengan tempe, karena bisa disajikan dengan lauk apapun. Penasaran dengan proses pembuatan salah satu makanan tradisional ini? Yuk simak cara tempe dibuat berikut.

1. Siapkan Kacang Kedelai

Proses awal membuat makanan tradisional berupa tempe, Anda harus menyiapkan kacang kedelai terlebih dahulu. Bisa dengan membeli di sekitar rumah masing-masing, karena bahan utama tempe murni menggunakan kacang kedelai.

2. Cuci Kedelai Hingga Bersih

Setelah menyiapkan kedelai secara cukup, kemudian Anda harus mencuci sampai bersih supaya tidak ada kuman dan kotoran menempel. Tujuan lain membuat kedelai jadi lebih higienis karena dijadikan bahan pembuatan tempe.

Kalau perlu, ulangi pencucian kacang kedelai hasil pembelian dengan beberapa kali untuk memastikan sampai bersih. Apabila sudah bersih, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan perendaman kacang kedelai menggunakan cara ini.

3. Merendam Kurang Lebih 1 Hari

Cara membuat tempe ketiga adalah merendam seluruh kacang kedelai yang berhasil dibersihkan secara menyeluruh. Proses merendam kedelai harus dilakukan selama 13-18 jam atau bisa sehari penuh supaya bisa mengambil sarinya.

Tujuan dari merendam selama kurang lebih 1 hari adalah untuk mengelupas kulit dari isi kacang kedelai. Belum selesai sampai di sini, Anda harus mengelupas secara benar agar tidak menurunkan kualitas.

4. Kelupas Kulit

Tahap keempat dalam membuat tempe waktunya untuk mengelupaskan kulit agar terpisah dari kedelai. Anda harus berhati-hati dalam mengelupas kulit kedelai supaya bijinya tidak rusak sehingga masih berwujud sempurna.

5. Membilas dengan Air

Setelah semua dikelupas secara baik, cara selanjutnya pemula bisa membilas kedelai menggunakan air. Pastikan proses membilas dilakukan dengan benar dan air yang dipakai sudah steril demi menjaga kedelai tetap higienis.

6. Merebus Kedelai

Apabila biji kedelai sudah dibersihkan, lalu Anda harus merebus kembali sampai matang. Dalam proses merebus biji kedelai juga bertujuan untuk menghilangkan seluruh kuman agar mati dan lebih higienis.

7. Tiriskan dan Campurkan Ragi

Hampir selesai, proses berikutnya biji kedelai harus ditiriskan dan dicampur menggunakan ragi. Agar menciptakan cita rasa terbaik, campurlah ragi sampai rata supaya menghasilkan tempe paling enak untuk dinikmati sesuai keinginan nantinya. 

8. Bungkus dan Fermentasi 2 Hari

Cara terakhir adalah membungkus ragi dan biji kedelai bisa dibentuk sesuai dengan selera Anda. Demi mendapatkan kualitas tempe terbaik, lakukan fermentasi minimal 2 hari dengan suhu normal ruangan, baru dimasak.

Itulah langkah lengkap dalam membuat tempe rumahan secara mudah khusus bagi pemula kini bisa mencoba sendiri. Terapkan seluruh cara membuat tempe dengan baik, dijamin bisa menikmati cita rasa enak dari tempe.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Membuat Tempe Khusus untuk Pemula"