Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Membuat Pupuk Bokashi dengan Cara Sederhana

Rahasia Membuat Pupuk Bokashi
Rahasia Membuat Pupuk Bokashi

Penasaran bagaimana rahasia membuat pupuk bokashi ? Ternyata hampir semua orang di Indonesia belum mengetahuinya juga. Bokashi merupakan pupuk kompos yang memakai bahan-bahan alami atau organik sebagai starter aerobik dan anaerobik.

Setiap tanaman pasti membutuhkan makanan untuk melakukan proses fotosintesis dalam memicu pertumbuhan secara subur. Pada umumnya, makanan tanaman menggunakan unsur hara yang terletak di dalam tanah, tetapi jumlahnya terbatas.

Apabila ingin tanaman tumbuh subur, Anda arus memanfaatkan makanan tambahan berupa pupuk. Jangan khawatir karena keberadaan pupuk bisa digunakan untuk menambah nutrisi makanan bagi tanaman agar tidak mati atau layu.

Kebanyakan orang tidak mau ribet dengan membeli pupuk jadi secara langsung, tetapi hal tersebut bisa bikin pengeluaran membengkak. Jika sobat ingin tanaman subur, sekarang bisa menciptakan pupuk sendiri lho.

Tentunya pupuk bokashi yang dibuat sendiri terjamin aman karena tidak ada bahan kimia di dalamnya. Jangan sampai memilih pupuk berbahan kimia sebab bisa menimbulkan dampak buruk bila dipakai jangka panjang.

Agar tidak boros dan bisa membuat tanaman lebih sehat, simaklah cara pembuatan kompos secara sederhana. Inilah proses pembuatan pupuk bokashi yang wajib diketahui jika sobat ingin menciptakan kompos aman sendiri.

Rahasia Membuat Pupuk Bokashi dengan Mudah

Lelah mengeluarkan uang berlebihan hanya untuk membeli pupuk? Mulai sekarang sobat bisa mencoba membuat sendiri. Jenis kompos bokashi dapat dibuat sebagai alternatif makanan sehat bagi tanaman dengan biaya lebih terjangkau.

Apabila sobat penasaran caranya, jangan sampai melewatkan caranya untuk membuat secara benar. Kami akan menjelaskan secara lengkap agar sobat tidak kesulitan dalam proses membuat pupuk bokashi bagi tanaman berikut ini. 

  • Menyiapkan Terpal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan terpal sesuai kebutuhan dalam membuat kompos. Sobat bisa membeli terpal atau memakai terpal bekas jika ingin lebih hemat tanpa mengeluarkan banyak uang.

Pilihlah terpal yang tidak bocor, kemudian direntangkan di tempat terbuka agar bisa digunakan untuk membuat kompos. Rentangkan seluruh bagian terpal karena dijadikan sebagai alas pembuatan pupuk jenis bokashi nantinya.

  • Tuang Serbuk Gergaji dan Kompos Kandang

Rahasia membuat pupuk bokashi sangat mudah, tahap kedua setelah terpal disiapkan, tuanglah kompos kandang dan juga serbuk gergaji. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pupuk kandang diperoleh dari kotoran hewan ternak.

Lalu sobat campurkan antara pupuk kandang degan serbuk gergaji sampai tercampur rata. Jika sudah dilakukan, lalu masuk ke tahap berikutnya untuk memasukkan bahan lain yang bersifat alami atau organik.

  • Tambahkan Air

Setelah mencampur antara serbuk gergaji dan kompos kandang hasil kotoran hewan ternak, sobat bisa menambahkan air. Aduk semua bahan yang telah dimasukkan sampai tercampur rata dengan tambahan mol.

Fungsi dari air adalah agar pupuk memiliki tekstur lebih cair ketika digunakan bisa diserap oleh tanaman. Bokashi terlalu kering juga kurang baik bila digunakan jangka panjang bagi jenis tanaman tertentu.

  • Masukkan Arang sekam

Lalu masukkan jenis arang sekam yang kemudian diaduk dengan mol secara merata. Sobat  harus mencampurkan seluruh bahan tersebut supaya kandungan bokashi lebih berkualitas dan menyehatkan tanaman selama dijadikan pupuk.

  • Tuang Dedak Mol dan Em4

Tidak lupa, tuang dedak yang berarti bubuk padi halus dicampurkan dengan EM4 yaitu bakteri fermentasi berasal dari senyawa organik tanah. Aduk kembali sampai rata dengan seluruh bahan yang telah dimasukkan.

  • Tutup Terpal Selama 2 Minggu

Dengan mengaduk sampai tercampur rata, terakhir sobat dapat menutup terpal secara rapat agar kedap udara. Fermentasikan selama 2 minggu supaya hasil pupuk boshari tidak bau busuk dan cenderung berkualitas.

Alternatif penggunaan pupuk bokashi cocok digunakan untuk makanan tanaman supaya tumbuh secara subur. Dengan mengetahui rahasia membuat pupuk bokashi, langsung saja coba sendiri sekarang agar tanaman jadi semakin sehat.

Posting Komentar untuk "Rahasia Membuat Pupuk Bokashi dengan Cara Sederhana"