Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Abon Cabe yang Enak dan Mudah Dicoba Secara Langsung

resep abon cabe
Resep Abon Cabe

Sampai sekarang masih ada banyak orang belum paham terhadap resep abon cabe yang banyak ditemui di sekitar rumah. Abon cabe merupakan produk cabe seger pilihan yang telah dikeringkan melalui oven.

Dalam proses pembuatannya, abon cabe dijamin higienis karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia. Di Indonesia keberadaan abon cabe sangat populer bahkan hampir sebagian besar masyarakat menyukainya.

Apalagi di negara Indonesia, sebagian besar orang menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Oleh karena itu tanah air terkenal dengan makanan pedas, bisa berupa produk sambal atau cabe kering.

Abon cabe bisa dibuat sendiri lho di rumah jika Anda penasaran dengan cara membuatnya. Mungkin sampai sekarang masih kerap membeli dari produk siap saji, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri.

Mengingat produk abon cabe menjadi produk rumahan yang dapat dibuat menggunakan cara tradisional. Proses keseluruhan membuat abon cabe biasa menggunakan tenaga manusia asli sehingga terjaga kualitas dan kehigienisannya.

Penasaran dengan cara pembuatan dan resep dari abon cabe? Tenang saja karena kami akan menjelaskan lengkap di bawah. Yuk intip resep lengkap untuk membuat abon cabe enak dan mudah dicoba.

Resep Abon Cabe Khas dan Enak

Pasti Anda sudah tidak asing dengan makanan abon cabe karena banyak ditemui produk-produk kemasan yang memasarkan makanan ini. Ini lho resep pembuatan abon cabe yang khas dijamin menawarkan citarasa enak.

  • Siapkan Bahan-Bahan 

Langkah pertama Anda harus menyiapkan bahan lengkap untuk membuat abon cabe supaya memiliki citarasa khas. Bahan yang diperlukan mulai dari ½ kg cabai keriting dan ¼ kg cabai rawit.

Siapkan minyak goreng, 10 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah sebagai bumbu alami. Lalu 2 sdm gula pasir, 1 sdm kaldu bubuk berupa kemasan, serta ¾ sdm garam.

  • Pengeringan

Seperti penjelasan awal, untuk membuat abon cabe akan melalui proses awal yaitu pengeringan. Anda bisa mengeringkan cabai keriting dan cabai rawit memakai oven atau sinar matahari bila ingin alami.

Dalam proses pengeringan cabai pada resep abon cabe, kami menyarankan Anda menjemur di bawah sinar matahari sampai 3 hari.Tujuan menaruh di bawah sinar matahari adalah untuk membuat cabai kering.

  • Haluskan Cabe

Setelah proses pengeringan selesai, pastikan tidak ada cabe yang masih basah atau berair, oleh karena itu harus benar-benar kering. Apabila sudah dikeringkan, masuk tahap berikutnya yaitu menghaluskan cabe.

Proses menghaluskan cabe bisa dilakukan secara mudah yaitu dengan memanfaatkan blender. Blender seluruh cabe kering sampai halus dan menjadi bubuk, sehingga bisa digunakan untuk tambahan bumbu di makanan apapun.

  • Menggoreng Cabai

Selanjutnya, Anda harus menggoreng cabe supaya aman dikonsumsi dengan keadaan matang dan sudah dibumbui. Pada saat proses penggorengan, Anda bisa goreng bawang putih serta bawang merah untuk memudahkan saat dihaluskan.

  • Campur Bumbu dalam Penggorengan

Setelah itu, haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian panaskan minyak goreng secukupnya untuk menggongseng bawang halus. Langkah berikutnya adalah memasukkan cabe bubuk, gula, bubuk kaldu, dan garam.

Lalu diaduk sampai bumbu tercampur rata dalam proses penggorengan, jangan sampai terlalu lama menggoreng. Pada proses ini, bumbu harus diaduk sampai rata di seluruh bubuk cabe agar cita rasa khas keluar.

Sebelum mematikan api, Anda dapat mencoba terlebih dahulu untuk memastikan bumbu sudah enak atau kurang. Setelah ditambahi sesuai selera mau manis atau asin, matikan api dan abon cabe siap disajikan.

Dengan mengikuti resep dan cara pembuatan abon cabe sesuai takaran di atas dijamin enak. Anda sekarang bisa mencoba sendiri dengan menerapkan resep abon cabe terbaik dijamin mudah dibuat secara mandiri.

Posting Komentar untuk "Resep Abon Cabe yang Enak dan Mudah Dicoba Secara Langsung"