Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan dan Cara Membuat Saus Tomat dengan Mudah

membuat saus tomat
Membuat Saus Tomat
Dengan membuat saus tomat sendiri pastinya akan lebih sehat dan lebih terjaga kualitasnya karena dibuat untuk keluarga. Walaupun saat ini sudah banyak tersedia saus tomat kemasan yang instant dalam bentuk botol ataupun sachet.

Namun tetap saja jika diproduksi oleh pabrikan terkadang kita tidak tahu apa kandungan yang ada di dalam saus tomat tersebut.

Sehingga lebih baik jika bisa membuat saus sendiri namun mempunyai rasa terbaik karena saus tomat buatan sendiri dibuat dengan bahan berkualitas.

Untuk membuat saus tomat tidak membutuhkan banyak modal dan bahan ataupun alat yang mahal, Sebenarnya membuat saus tomat rumahan akan lebih menghemat pengeluaran, daripada membeli produk yang sudah jadi. 

Bahkan cara pembuatan saus tomat juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama bisa dilakukan oleh setiap orang.

Selain itu ternyata saus tomat yang beredar di pasaran mempunyai kandungan pengawet agar bisa mempertahankan kesegaran saus dalam waktu lama.

Hal ini jelas akan memberi kemungkinan potensi saus tomat yang tidak sehat dan negative pada tubuh sobat jika dikonsumsi setiap hari.

Cara Membuat SausTomat

Saus tomat buatan sendiri ala rumahan bisa digunakan untuk bahan pembuatan pasta atau untuk kolesan sandwich bahkan bisa digunakan sebagai sajian pendamping dengan poached egg.

Berikut ini merupakan langkah cara membuat saus rumahan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Siapkan Bahan Pembuatan Pembuatan Saus Tomat

Bahan untuk bikin saus dibawah ini bisa sobat pilih dan gunakan secara opsional. Namun jika ingin membuat saus tomat dengan rasa dan kualitas terbaik maka sebaiknya sobat menambahkan bahan saus  secara lengkap berikut ini:

  • 1 kg tomat dibuang bijinya kemudian dipotong menjadi dadu kecil

  • 4 siung bawang putih yang kemudian dicincang kasar

  • 1 sdt daun oregano yang sudah dikeringkan

  • 1 sdm gula pasir untuk menambah rasa manis

  • 3 sdm minyak untuk menumis bahan-bahan

  • 2 buah bawang bombay yang dicincang kasar

  • Tambahan 1 buah wortel yang di potong dadu kecil kecil

  • 1 sdt daun thyme dicincang

  • 1 sdm penyedap rasa

2. Cara Pembuatan Saus

Pertama panaskan minyak terlebih dahulu untuk menumis bawang Bombay kemudian tambahkan bawang putih dan wortel tumbuh selama kurang lebih 22 menit. Tambahkan tomat, oregano, thyme,gula dan penyedap rasa.

Semua bahan-bahan masak menggunakan api besar dan aduk tomat hingga layu,kemudian kecilkan api dan bahan masak selama satu hingga dua jam sampai mengental menggunakan api kecil. 

Tiriskan dan simpan saus tomat di dalam toples dan saus tomat siap digunakan untuk berbagai topping atau menambah rasa pada masakan sobat.

Saus tomat buatan sendiri bisa bertahan kurang lebih selama seminggu jika disimpan dalam kulkas dengan tertutup rapat. 

Pastikan jangan simpan saus tomat di kondisi suhu ruangan apalagi jika dalam ruang tertutup terbuka karena akan langsung merusak saus tomat dengan cepat.

Saus tomat buatan sendiri memang mempunyai banyak manfaat karena tidak menggunakan bahan pengawet yang berpotensi tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

Selain itu membuat bahan makanan sendiri di rumah bisa menjaga kesehatan keluarga dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Apalagi saus tomat buatan sendiri tidak menggunakan bahan pengawet yang membuat kondisi saus tomat tetap terjaga dalam waktu yang lama. 

Maka dari itu jika ingin membuat saus tomat maka sebaiknya membuat saus secukupnya saja untuk kebutuhan sehari-hari dalam waktu 1 minggu atau 2 minggu.

Posting Komentar untuk "Bahan dan Cara Membuat Saus Tomat dengan Mudah"