Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pembuatan kopi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan


Cara Pembuatan kopi Kedelai
Cara Pembuatan kopi Kedelai

Kedelai memilki peran penting dalam pemenuhan asupan gizi dan protein, sebab kedelai tergolong sumber protein yang paling murah yang harganya dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. 

Rendahnya Kandungan kafein yang terdapat pada biji kedelai membuat sumber protein yang satu ini relatif lebih aman untuk dikonsumsi, baik oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui bahkan oleh mereka yang memiliki masalah pada pencernaan. 

Saat ini masih sedikit orang yang mengetahui manfaat lain dari biji kedelai, pada umumnya ketika mendengar kata kedelai maka yang terbesit dibenak  adalah kecap, tahu dan tempe. karena produk-produk tersebut berbahan dasar kedelai. 

Namun beberapa orang telah menemukan inovasi baru dalam pengolahan biji kedelai, salah satunya yaitu pembuatan kopi kedelai. Jenis tanaman kacang ini dipilih karena teksturnya yang menyerupai kopi. Meskipun dari segi aroma dan cita rasa perbedaannya cukup jelas.

Meskipun begitu, olahan ini bukan berarti sulit diproduksi. Nyatanya, cara pembuatan kopi kedelai tidak mebutuhkan skil khusus. Daripada sobat penasaran,Yuk simak cara pembuatan kopi kedelai yang dapat sobat praktekan dirumah...

Cara Membuat Kopi Kedelai dengan Mudah

Proses pengolahan biji kedelai menjadi bubuk kopi tidak begitu berbeda dengan pembuatan kopi pada umumnya. Yang membedakan hanyalah, bahan utama yang dipakai yaitu biji kedelai. Pembuatan kopi kedelai juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Adapun alat yang digunakan dalam pembuatan kopi kedelai cukup sederhana, diantaranya Baskom, sendok pengaduk,pengayak,tirisan air, wajan, kompor, alat penggiling, plastik kemasan, dan alat pres kemasan .

Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kopi kedelai yaitu biji kedelai yang disesuaikan kebutuhan, untuk menambah aroma dan cita rasa dapat ditambahkan jahe maupun aneka aroma lainnya yang sobat sukai. Selanjutnya kita mulai langkah pembuatannya ya sobat.

1. Proses pemilahan

Pertama adalah proses pemilahan biji kedelai. Langkah ini penting untuk menyeleksi biji kedelai yang berkualitas baik dengan biji kedelai yang kualitasnya rendah .sehingga mendapatkan kualitas biji yang sempurna. Terutama supaya tidak mudah rusak saat dilakukan pengolahan pada tahap selanjutnya.

2.Proses pencucian

Proses pencucian ini sangat penting dalam pembuatan kopi kedelai sebab tidak hanya  berpengaruh terhadap steril tidaknya biji kedelai sebelum diolah, tetapi juga berpengaruh terhadap mutu produk yang dihasilkan. Pencucian dimaksudkan agar biji kedelai yang telah melalui pemilahan bersih dan terbebas dari tanah maupun kotoran lainnya yang menempel pada biji kedelai.

3. Proses pengeringan

Setelah proses pencucian biji kedelai ditiriskan selanjutnya biji tersebut perlu dikeringkan hingga pada batas tertentu. Pengeringan dengan cara dijemur diterik matahari tentu akan lebih mudah namun waktu yang dibutuhkan tentu akan berbeda di setiap tempat. Sebab bergantung pada intensitas cahaya matahari, tetapi  jika pengeringan menggunakan oven tentu akan lebih cepat dan efisien.

4. Proses sangrai

Setelah biji kedelai telah dikeringkan, maka proses selanjutnya adalah menyangrainya. Sangrai biji kedelai kurang lebih  60 menit  . Lakukan penyangraian dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Tujuannya adalah mendapatkan biji kedelai yang matang maksimal.

Karena penyangraian bertujuan untuk mengeluarkan aroma khas kopi kedelai dan cita rasa yang tinggi, Proses ini perlu adanya keuletan tersendiri. Namun bukan berarti sulit untuk dilakukan oleh setiap orang.Yang terpenting dalam melakukan penyangraian adalah ketelitian agar biji kedelai tidak gosong dan menyebabkan rasa pahit .

5. Proses penggilingan

Proses berikut adalah menggiling biji kedelai tersebut jadi bubuk halus. Sebelum melakukan penggilingan usahakan biji kedelai yang telah disangrai didinginkan terlebih dahulu kurang lebih 15 menit sehingga panasnya turun kemudian lakukan penggilingan dengan alat penggiling kopi atau di tumbuk.

6. Pengayakan

Setelah dilakukan penggilingan tahap selanjutnya adalah pengayakan. Gunakanlah ayakan yang bermata halus seperti ayakan tepung. Tahap ini bertujuan agar bubuk kopi kedelai terpisah antara bubuk yang masih kasar dan bubuk yang telah halus. 

Sehingga dapat dilakukan penggilingan kembali pada bubuk kopi kedelai yang masih kasar guna mendapatkan tekstur kopi kedelai yang diinginkan.

7. Pengemasan

Agar kopi kedelai terlihat menarik dan dapat disimpan dalam waktu yang  lama sebaiknya dilakukan pengemasan agar tidak mudah rusak.  Alat yang digunakan cukup sederhana yaitu plastik kemasan. 

Setelah bubuk kopi kedelai dimasukan kedalam plastik panaskan ujung plastik menggunakan korek api.Namun, jika ingin lebih mudah sobat bisa menggunakan sealer. Selanjutnya simpan ditempat yang kering dan terhindar dari matahari lansung.

Manfaat Kopi Kedelai Untuk Kesehatan

Dilihat dari bentuknya yang mungil, ternyata kedelai memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, ini cukup memberi alasan yang kuat sehingga pengembangan tanaman ini terus digalakan. Adapun beberapa manfaat kedelai yang perlu sobat ketahui.

1. Menyembuhkan diabetes

Dewasa ini beberapa orang mulai percaya bahwa kopi memiliki khasiat yang dapat membantu menyembuhkan penderita diabetes. Hal ini dibuktikan dimana penderita diabetes mengalami penurunan kadar gula. Hal tersebut disebabkan penderita rutin mengkonsumsi kopi berbahan kedelai.

2. Pengontrol kolesterol

Jenis kacang-kacangan memang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut yang mendorong banyak orang tidak khawatir lagi mengkonsumsi kacang-kacangan. Termasuk biji kedelai dalam berbagai olahan.

3. Menurunkan tekanan darah

Biji kedelai memiliki kandungan asam lemak. Manfaat kopi kedelai dari kandungan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dari atau ke seluruh tubuh. Tentunya ini merupakan hal yang sangat baik agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh dara yang berbahaya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Hampir semua makanan yang mampu menurunkan tekanan darah juga baik bagi Kesehatan jantung. Peredaran darah lebih lancar akan membuat jantung juga lebih sehat.

5. Rendah kafein
Kopi pada umumnya mengandung kafein. Itulah yang menyebabkan orang yang mengkonsumsi kopi akan cenderung sulit untuk tidur. Namun,berbeda dengan kopi berbahan dasar kedelai.

Karena kedelai memiliki kandungan kafein yang rendah, sehingga tidak memberikan efek saat dikonsumsi sehingga sobat dapat menikmatinya kapan saja.

6. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dikeluhkan kebanyakan orang saat ini, Namun ternyata kopi kedelai mampu megatasi insomnia, karena kedelai mengandung tryptopan yang berfungsi membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Universitas sao paulo (2010)  dalam sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan isoflavon yang terdapat pada kedelai dapat membantu mengurangi masalah gangguan tidur pada manula.

Memang, kopi kedelai masih belum banyak dikenal orang. kebanyakan orang beranggapan kedelai hanya dapat dijadikan bahan utama pembuatan kecap. Namun, kopi kedelai telah terbukti bahwa produk ini memang layak.

Posting Komentar untuk "Cara Pembuatan kopi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan"