Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hama tanaman Kedelai Yang Harus Diperhatikan Para Petani

 

hama tanaman kedelai
Hama Tanaman Kedelai

Hama tanaman kedelai sebagian besar berasal dari serangga. Hal ini bisa dibuktikan dari berbagai macam hama yang menyerang pada tanaman kedelai tersebut. Bahkan, serangannya sudah terlihat sejak awal pertumbuhan tanaman.

Perlu diketahui, untuk serangannya sendiri cukup meresahkan, terutama pada musim kemarau. sobat harus efektif memberikan perlindungan dengan baik, biasanya hama tanaman akan muncul pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 8 pagi.

Hama tanaman Kedelai Kedelai dan Cara pengendaliannya

Bukan hanya lalat daun dan hama ulat saja, masih ada beberapa macam hama lainnya yang perlu diketahui oleh petani. Kondisi ini sangat penting sebagai upaya pencegahan karena, saat terserang hasil akhirnya tidak bagus.

Di bawah ini akan disampaikan berbagai macam hama tanaman sekaligus penjelasannya secara singkat. Bagi sobat yang ingin mencoba menanam kedelai. sepertinya wajib untuk menyimak sampai selesai sebagai benteng pertahanan.

  • Hama Tanaman Kedelai Penggulung Daun Kedelai (Lamprosema indicata)

Tidak jauh berbeda dengan hama tanaman kedelai yang lain, ulat penggulung daun kedelai juga bisa menyebabkan petani gagal panen apabila tidak dilakukan pengendalian hama kedelai yang serius.

Gejala serangan hama penggulung daun sangat mudah untuk dikenali karena daun tanaman yang terserang akan terlihat menggulung dan didalamnya terdapat ulat yang memakan daun dari dalam gulungan daun dan hanya menyisakan tulang daun.

Hama ulat daun kedelai dapat dikendalikan dengan menerapkan  penanaman serempak, penggunaan varietas kedelai tahan dan pergiliran tanaman yang bukan inangnya untuk memutuskan siklus hidupnya.

Selanjutnya pengendalian hama pada daun dengan memanfaatkan cendawan entomo patogen Lecanicillium lecanii untuk menginveksi telur dan nimfa sehingga menjadi rusak dan tidak berkembang.

Namun apabila kepadatan populasi telah mencapai batas ambang kendali maka dapat dilakukan aplikasi insektisida yang berbahan aktif metomil, fipronil, sipermetrin, alfametrin dengan interval waktu aplikasi tiga hari sekali.

  • Hama Tanaman Kedelai Penggerek Polong (Etiella zinckenella treit)

Hama tanaman kedelai berikutnya adalah Penggerek Polong yang terletak di berbagai wilayah Indonesia, hampir sebagian besar pasti terkena jenis ini. Potensi tanaman yang terserang pada adalah jenis kacang-kacangan.

Seperti namanya, bagian yang diserang adalah bagian polong serta biji. Biasanya, di dalam polong terserang terdapat beberapa kotoran berwarna kuning dan Coklat. Dimana kualitas dan kuantitasnya akan menurun drastis.

Serangan tersebut akan menurunkan daya jualnya. Perlu diketahui bahwa, intensitas serangannya akan lebih kuat bila datang musim kemarau. Oleh karena itu, dalam pengendalian harus tepat apalagi proses sanitasinya. Pergiliran tanaman bukan kedelai juga perlu dilakukan

Selain itu jangan lupa pemberian insektisida agar hasilnya bisa efektif. Insektisida yang bisa sobat coba diantaranya yang berbahan aktif fipronil, metomil, tiodikarb, klorantraniliprol dan profenofos .

Penggerek Polong ini biasanya menyerang varietas kedelai Dieng. Walau meresahkan, penanganan yang tepat dapat mencegah persebarannya lebih luas lagi.

  • Hama Tanaman Kedelai  Lalat kacang (Ophiomya phaseoli tryon)

Ophiomya phaseoli tryon menjadi salah satu hama yang menyebabkan lubang pada benih yang baru ditanam, benih yang terserang bisa tidak tumbuh bahkan membusuk. Hama lalat juga menyerang bagian batang, tangkai daun yang baru tumbuh.

Kondisi tersebut akan lebih jelas terlihat pada 7 hst, dimana larva lalat kacang telah menggerek benih. Larva yang baru menetas berwarna putih sedangkan larva dewasa berwarna kuning.

Perlu diketahui imago hama lalat kacang aktif melakukan serangan pada siang hari dengan begitu akan lebih baik pengendalian hama tersebut dilakukan diwaktu pagi dibawah jam 8 pagi sebab diwaktu tersebut hama sedang istrahat disela tanaman.

Pengendalian lalat kacang bisa lakukan dengan penanaman varietas tahan, penanaman serempak dan pergiliran tanaman. Pengendalian dengan penanaman tanaman perangkap juga sangat efektif yaitu dengan menanam tanaman yang disukai lalat kacang.

Namun bila serangan tetap berlanjut maka perlu dilakukan pengendalian dengan insektisida berbahan aktif metomil, tiodikarb lakukan penyemprotan secara berkala sesuai dengan anjuran pada kemasan produk .

Dalam penanaman tanaman tidak bisa lepas dari yang namanya hama. Oleh karena itu, mulai sekarang kenali lebih lanjut hama tanaman kedelai seperti apa agar, proses penanganan lebih mudah dan cepat dengan hasil penuh manfaat.

Posting Komentar untuk "Hama tanaman Kedelai Yang Harus Diperhatikan Para Petani"