Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Virgin Coconut oil dan Manfaatnya

Virgin coconut oil
Virgin Coconut Oil (Foto: Freepik)

Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan minyak kelapa hasil ekstraksi yang dibuat tanpa adanya proses pengolahan kimia. Tentunya, VCO memiliki kandungan unik yang berperan penting bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya mengetahui kandungan dan manfaatnya saja, Anda bisa mengetahui cara membuat virgin coconut oil di sini. Yuk, langsung cek informasinya berikut ini, ya.
Apa Saja Kandungan dalam Virgin Coconut Oil (VCO)?

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam virgin coconut oil (VCO), yaitu:

1.    Asam Lemak Jenuh

Virgin coconut oil memiliki kandungan asam lemak jenuh, mulai dari asam kaprilat, asam laurat serta asam kaprat. Asam lemak jenuh ini mampu menjaga kesehatan jantung serta menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. 

2.    Antioksidan

Antioksidan dalam VCO mampu melawan radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan sel pada tubuh. Selain itu, antioksidan ini termasuk vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya penuaan dini.

3.    Senyawa Bioaktif

Senyawa bioaktif, seperti polifenol dan asam fenolat memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, serta antitumor yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

4.    Vitamin dan Mineral

VCO juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin K serta zat besi. Walaupun kandungan vitamin dan mineralnya tidak terlalu signifikan, tetapi masih menjadi tambahan yang baik bagi kesehatan tubuh.

5. Asam Lemak MCT (Medium Chain Triglycerides)

MCT merupakan jenis asam lemak yang mudah dicerna oleh tubuh dan menjadi sumber energi. Asam lemak ini dapat meningkatkan metabolisme, mendukung penurunan berat badan serta memperbaiki fungsi pada otak.

Cara Membuat Virgin Coconut Oil dengan Metode Penggaraman

Proses membuat virgin coconut oil sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sebab, pembuatan VCO bisa Anda lakukan menggunakan metode penggaraman. Adapun waktu penggaraman yang bisa Anda gunakan adalah selama 12 jam, 24 jam serta 36 jam.

Berikut beberapa bahan serta prosedur pembuatan yang mesti Anda ikuti dan perhatikan, yaitu: 

Bahan dan Alat

Ada beberapa bahan dan alat yang harus Anda persiapkan untuk membuat virgin coconut oil (VCO), yaitu:

  • Kelapa tua

  • Garam CaCI2 

  • Aquadest

  • Beker gelas

  • Corong pemisah

  •  Corong buchner

  • Batang pengaduk

  • Kertas saring

Prosedur Pembuatan Virgin Coconut Oil

Jika seluruh bahan dan alat sudah Anda siapkan, selanjutnya mulai masuk ke proses pembuatan virgin coconut oil, yaitu:

1.    Pembuatan Krim/Kanil

Langkah pertama, Anda bisa melakukan proses pembuatan krim/kanil terlebih dahulu dengan cara berikut:

  • Pastikan Anda menyiapkan dan memilih daging kelapa yang sudah tua

  • Selanjutnya, kupas kulit kelapa dari dagingnya dan parut semua daging kelapa tersebut

  • Kemudian, tambahkan air ke dalam parutan kelapa dengan perbandingan 4 liter air untuk 3 kg kelapa

  • Mulai peras daging kelapa yang sudah Anda parut di atas saringan agar bisa mendapatkan santannya 

  • Saring seluruh santan yang sudah Anda dapatkan, lalu endapkan selama 30 menit hingga terbentuk dua lapisan, yaitu lapisan bawah berupa air dan lapisan atas berupa krim/kanil

  • Terakhir, mulai pisahkan krim dan air, serta buang air yang tidak Anda perlukan.

2.    Pembuatan Virgin Coconut Oil

Jika pembuatan krim/kanil sudah Anda lakukan, selanjutnya mulai pada tahapan pembuatan minyak VCO, yaitu:

  • Pertama, silakan tampung krim/kanil ke dalam wadah bersih terlebih dahulu

  • Larutkan garam dengan aquades, kalau sudah larut, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kanil

  • Aduk campuran garam dan krim/kanil sampai rata

  • Selanjutnya, diamkan selama 12 jam, 24 jam, serta 36 jam sampai terbentuk tiga lapisan. Lapisan paling atas bisa disebut sebagai minyak kelapa murni, lapisan tengah merupakan blondo (ampas kanil), serta lapisan paling bawah adalah air.

  • Pisahkan minyak kelapa murni dari air dan blondo serta lakukan penyaringan pada minyak. 

  • Selesai, kini minyak VCO sudah berhasil Anda buat dan bisa dinikmati sesuai kebutuhan.

Cara Mengonsumsi Virgin Coconut Oil

Cara paling sederhana untuk mengonsumsi virgin coconut oil adalah dengan meminumnya secara langsung. Cukup ambil satu sendok VCO, lalu campurkan ke dalam air putih maupun minuman lain, seperti smoothie atau jus. 

Selain minuman, satu sendok virgin coconut oil juga bisa Anda tambahkan pada berbagai jenis makanan sehari-hari, seperti yoghurt, saus salad, hingga outmeal untuk menambah citarasa serta menambah manfaat kesehatan. 

Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagai bahan pengganti minyak, maka pastikan untuk memperhatikan suhu saat memasaknya, ya. Sebab, VCO memiliki titik asap yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya.

Manfaat Virgin Coconut Oil

Setelah mengetahui cara membuatnya, selanjutnya Anda harus tahu apa saja manfaat yang diberikan oleh virgin coconut oil (VCO), yaitu:

1.    Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Seperti yang sudah disebutkan tadi, VCO memiliki kandungan asam lemak MCT yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar dari kolesterol baik (HDL).

Jadi, jika Anda mengonsumsi VCO secara teratur, maka keseimbangan kolesterol dan kesehatan jantung pun bisa tetap terjaga.

2.    Membantu Menurunkan Berat Badan

VCO memiliki kandungan lemak sehat yang mampu meningkatkan jumlah kalori terbakar pada tubuh. Hal ini tentu saja berguna untuk proses penurunan berat badan, sehingga cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

3.    Membantu Kesehatan Sistem Pencernaan

Sifat antimikroba dalam virgin coconut mampu menghilangkan bakteri jahat yang terdapat pada saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi secara teratur, fungsi pencernaan menjadi lebih terjaga, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta mengurangi gejala radang usus.

4.    Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat virgin coconut oil berikutnya mampu meningkatkan kesehatan otak dan menjadi sumber energi yang baik bagi otak. Anda bisa lebih mudah berkonsentrasi, mengurangi risiko terjadinya gangguan alzheimer, hingga memperbaiki fungsi pada otak.

5.    Menjaga Rambut Tetap Sehat

Virgin coconut oil ternyata bisa menjadi bahan alami untuk merawat kesehatan rambut. Sebab, ada beberapa nutrisi VCO yang mampu mengatasi berbagai masalah rambut, mulai dari rambut rusak, ketombe serta kebotakan.

Proses penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan VCO pada rambut serta kulit kepala secara teratur. Sehingga, rambut menjadi lebih lembab, rontok berkurang serta lebih lebat.

6.    Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat virgin coconut oil selanjutnya adalah membuat kulit terlihat lebih sehat. Vitamin E dan lemak esensial yang terdapat pada VCO mampu menjaga kelembapan serta melawan tanda-tanda penuaan dini. Cukup oleskan virgin coconut oil ke kulit secara teratur agar bisa mengatasi berbagai masalah kulit, seperti eksim, kulit kering serta psoriasis.

7.    Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat virgin coconut oil yang terakhir mampu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan bakteri. Sebab, VCO memiliki kandungan asam laurat yang bersifat antiviral, antijamur serta antibakteri.

Itulah informasi seputar virgin coconut oil yang bisa Anda ketahui. VCO memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi serta manfaat yang baik bagi tubuh. Proses pembuatannya pun cukup mudah, sehingga Anda bisa mencobanya sesuai dengan informasi yang diberikan.