Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengatasi tikus sawah yang sangat mengganggu

Beberapa cara mengatasi tikus sawah telah mulai berkembang. Jika dulu hanya mengandalkan cara tradisional, kini sudah mulai lebih berkembang. Ada beberapa cara modern yang bisa Anda pakai sebagai alternatif pilihan.

Perlu diketahui bahwa tikus jadi musuh para petani. Gagal panen sering terjadi karena serangan hama tikus yang memakan padi atau tanaman lainnya. Hal tersebut membuat banyak orang mulai resah.

Namun, bukan berarti tidak ada tips yang efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Faktanya, ada beragam cara yang dapat Anda pilih. Berikut beberapa tips yang banyak dipakai oleh para petani.

Gejala Serangan Tikus Sawah

Tikus sawah dapat menyerang tanaman padi sejak dipersemaian,pada pertanaman sampai pada pasca panen. Populasi tikus rendah saat padi masih persemaian hingga fase vegetatif, namun populasinya meningkat saat padi memasuki fase generatif. 

Tikus menyerang padi dengan cara memotong atau menggunting bibit yang baru ditanam, yang mengakibatkan banyak rumpun padi yang rusak bahkan mati.Tikus hanya aktif untuk mencari makan pada malam hari .

Pada saat padi sudah bunting, tikus merusak tanaman padi dengan memotong tunas atau batang padi dan memakan malainya. Jika populasi tikus rendah serangannya terjadi secara acak biasanya hanya ditengah petakan . Sedangkan jika serangan berat maka tikus hanya menyisakan tanaman padi di bagian pinggir saja.

Cara Mengatasi Tikus Sawah yang Efisien

Faktanya, beberapa orang memiliki tips uniknya sendiri. Ada yang memilih menggunakan bahan kimia karena lebih efektif. Namun, ada juga beberapa orang yang lebih memilih tips berburu secara manual.

Cara mengatasi tikus sawah
Cara Mengatasi Tikus Sawah

1. Memakai Lada Bubuk dan Irisan Bawang

Cara mengatasi tikus sawah ini cukup efektif untuk mengusir para tikus pergi dari ladang. Namun, untuk bisa menggunakan cara ini Anda perlu tenaga ekstra. Anda perlu mencari sarang tikus terlebih dahulu.

Jika sudah ketemu, maka perlu meletakkan beberapa campuran bahan ini di sarangnya. Hewan pengerat ini tidak akan tahan dengan bau yang muncul dari lada bubuk. Karena lada bubuk mengandung piperin,zat kimia yang membuat lada memiliki bau yang sangat menyengat. Pada akhirnya, tikus akan pergi.

Irisan bawang juga bisa Anda kombinasikan. Bagi hewan pengerat tersebut, bau irisan bawang cukup menjijikan. Itulah mengapa hewan pengerat ini akan langsung lari saat mencium bau tersebut.

2.Menggunakan Racun Tikus

Ini adalah cara mengatasi tikus sawah yang paling banyak dilakukan di desa. Beberapa petani meletakkan beberapa makanan di berbagai tempat. Makanan tersebut juga diberikan racun tikus terlebih dahulu.

Dalam beberapa hari, pasti ada beberapa hewan pengerat yang mati keracunan. Cara ini memang sangat efektif membasmi hama pengerat tersebut. Namun, tips ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Saat musim penghujan, cara ini kurang efektif. Makanan yang telah diberikan racun jelas akan terbawa oleh air hujan. Itulah mengapa tips seperti ini paling efektif dipakai pada musim panas.

Cara ini juga hanya berlaku sekali, karena bila sudah ada tikus yang mati tikus lainnya tidak akan lagi memakan umpan yang diberi racun.

3.Fumigasi/Pengomposan

Fumigasi dapat diartikan sebagai proses pengasapan untuk mengusir hama. Cara mengatasi tikus sawah seperti ini banyak dipakai di berbagai daerah karena terbukti efektif. Selain itu, fumigasi juga cukup mudah dilakukan.

Biasanya, pengasapan dilakukan pada musim panas. Hal ini untuk mendukung proses pengasapan supaya lebih maksimal. Berbeda jika fumigasi dilakukan pada saat musim hujan yang justru akan menghambat pengasapan.

Fumigasi sangat efektif untuk mengusir berbagai hama sekaligus,apaligi jika dilakukan pada saat padi sdudah mencapai fase generatif. Hama tikus yang sering merusak tanaman padi juga akan mati. Paling tidak, hama tersebut akan pergi meninggalkan ladang karena tidak nyaman.

Selain efektif cara ini juga sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, bahan dan alat yang digunakan cukup mudah ditemukan. Seperti  LPG 3 kg ,stik ,korek api dan belerang.

4.Pemasangan Pagupon

Pagupon bisa disebut sebagai perangkap tikus. Namun, jika ingin menerapkan cara mengatasi tikus sawah ini, maka Anda perlu banyak pagupon
sekaligus. Letakkan di beberapa titik yang menjadi tempat berkumpulnya hewan pengerat tersebut.

Jika sukses, dalam satu pagupon saja akan beberapa tikus sekaligus. Meskipun butuh waktu lama, tapi cara seperti ini cukup efektif. Terutama jika tidak ingin menggunakan bahan kimia.

5. Berburu Secara Manual

Cara ini memang lebih lama, tapi efektif untuk membasmi tikus. Berburu secara langsung juga merupakan cara yang melelahkan. Meskipun begitu, banyak orang yang masih menggunakan cara seperti ini.

Berburu secara langsung memang jadi langkah paling tradisional. Biasanya, lubang tempat sarang tikus akan ditutup supaya tidak bisa keluar. Selain itu, bisa juga dengan mengalirkan irigasi untuk membanjiri sarangnya.

Terlepas dari cara apa yang Anda gunakan, semua tips akan optimal pada kondisi tertentu. Jika ladang Anda luas, maka lebih baik menggunakan racun.Cara mengatasi tikus sawah ini mudah, bukan?

Posting Komentar untuk "cara mengatasi tikus sawah yang sangat mengganggu"