Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahan Keripik Singkong untuk Prospek di Masa Depan

Saat ini banyak sekali olahan keripik singkong yang dilakukan oleh masyarakat. Tanaman yang termasuk dalam umbi-umbian ini sendiri telah dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan, pernah menjadi makanan utama.

Tanaman perdu yang memiliki nama latin Manihot esculenta ini sendiri juga telah banyak dimanfaatkan. Beberapa produk olahan singkong antara lain tepung hingga keripik singkong. Keduanya sangat popular di masyarakat.

Olahan keripik jadi salah satu yang paling popular karena banyak diproduksi industry besar. Meskipun begitu, pengolahan dari singkong hingga menjadi keripik juga tidak sebentar. Perlu beberapa waktu hingga bisa dikonsumsi.

Olahan  keripik singkong
Olahan Keripik Singkong untuk Prospek di Masa Depan

Beberapa Olahan Keripik Singkong yang Enak

Jenis umbi-umbian memang terkenal dengan olahan keripik. Rasanya yang gurih juga cocok bagi kebanyakan lidah orang. Lalu, bagaimana cara mengolah hingga menjadi keripik gurih seperti ini?

1.Keripik Singkong Balado

Olahan keripik singkong pertama adalah dengan mengkombinasikannya bersama bumbu balado. Seperti yang sudah diketahui, bumbu balado memang cukup popular. Terutama bagi kebanyakan orang yang suka dengan olahan singkong pedas gurih.

Olahan keripik dari singkong sendiri juga tidak sulit dibuat. Ada banyak komunitas petani yang sudah mengembangkan olahan singkong keripik menjadi skala home industry. Pasar yang luas memberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Di sisi lain, olahan singkong pedas dengan bumbu balado ternyata juga cukup banyak mendapat sambutan hangat. Camilan ini sendiri sering dinikmati saat senggang. Dengan packing sederhana, camilan ini mudah dibawa kemana saja.

2.Keripik Singkong Original

Olahan keripik singkong kedua adalah dengan membuatnya sebagai camilan original. Artinya, camilan ini tidak diberikan tambahan apapun. Hanya berupa irisan tipis yang kemudian di goreng jadi gurih dan renyah.

Meskipun tidak ada olahan singkong manis atau yang lainnya, tapi rasanya sendiri masih gurih. Bahkan, beberapa orang lebih menyukai camilan rasa original ini. Mungkin, Anda bisa menambahkan beberapa rasa asin.

Jika Anda perhatikan, ada banyak penjual yang menjajakan keripik singkong original. Baik dari sisi rasa dan warna juga pastinya berbeda. Biasanya selain rasa gurih, warnanya juga sedikit kuning keemasan.

3.Keripik Singkong Pedas Manis

Olahan keripik singkong dengan rasa pedas manis mungkin jadi favorit banyak orang. Tentu saja hal ini karena lidah orang Indonesia sangat suka dengan rasa pedas manis. Meskipun rasanya pedas, tapi hal ini membuatnya ketagihan.

Beberapa home industry juga menambahkan taburan biji wijen untuk menambah rasa. Di beberapa rumah makan, keripik singkong pedas manis bahkan dihargai mahal. Terutama jika dibuat dari singkong berkualitas.

Hal ini sebenarnya memang sangat wajar. Di beberapa daerah, ada singkong varietas tertentu yang memiliki ukuran luar biasa. Bahkan, ada yang memiliki ukuran hingga 1 meter.

4.Keripik Singkong Manis

Olahan keripik singkong lainnya adalah rasa manis. Olahan ini juga cukup banyak mendapatkan perhatian masyarakat karena olahan keripik singkong unik. Rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis menjadikannya sebagai kombinasi sempurna.

hal ini membuat banyak home industry tidak hanya menyediakan satu varian rasa saja. Justru, semakin banyak varian rasa maka semakin banyak alternatif pilihan. Keuntungan bagi home industry juga pastinya meningkat.

5.Remeh Singkong

Sebenarnya, keripik olahan singkong yang satu ini termasuk sebagai camilan basah. Hal menariknya adalah rasanya cukup unik karena mendapat campuran dari garam, gula merah, cabai, serta bawang. Rasanya kemudian menjadi pedas manis gurih.

Olahan makanan dari singkong ini biasanya banyak disajikan pada rumah makan besar. Namun, bukan berarti home industry tidak bisa menyediakannya. Justru home industry bisa menyediakan varian lainnya yang lebih unik.

Olahan dari singkong, terutama keripik memang ada banyak jenisnya. Biasanya, setiap home industry memiliki kreasi masing-masing. Itulah alasan mengapa olahan keripik singkong memiliki jumlah varian yang sangat beragam.

Posting Komentar untuk "Olahan Keripik Singkong untuk Prospek di Masa Depan"