Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMBUATAN KERIPIK UBI BANGGAI DENGAN RASA YANG KHAS

Keripik ubi banggai
Keripik Ubi Banggai (Foto: Freepik.com)

Ubi banggai adalah salah satu komoditi pangan local yang banyak dibudidayakan oleh masayarakat di Kabupaten Banggai, Banggai kepulauan dan Banggai laut yang berada diProvinsi Sulawesi Tengah.

Ubi banggai memiliki 38 varietas namun yang umum ditanam oleh masyarakat Banggai hanya ada lima varietas diantaranya varietas harum, banggai, pasus, doso, dan penu.

Ubi banggai memiliki kandungan karbohidrat bernilai tinggi yaitu kandungan pati 63.31%, protein sebanyak 6.66%, kandungan lemak  0.64% dan beberapa vitamin diantaranya vitamin C dan vitamin B1 sehingga sangat baik jika dijadikan sebagai bahan makanan pengganti beras.

Penanaman ubi banggai hanya dilakukan satu  kali dalam satu tahun, sehingga penetrasi pasar untuk produk ini masih terbatas.  Masa panen ubi banggai hanya dapat dipanen satu kali dalam satu kali tanam.

Dahulu ubi banggai dikonsumsi oleh masyarakat dengan cara direbus, digoreng atau di buat kolak. Jika ingin membuat olahan dari ubi yang sederhana seperti kue maka ubi banggai harus  diparut agar bisa dibuat kue seperti payot dan beberapa olahan lainnya.

Tetapi dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi saat ini ubi banggai sudah dapat dijadikan tepung, sehingga memudahkan masyarakat membuat berbagai macam makanan berbahan tepung ubi banggai.

Ubi banggai sudah menjadi bahan makanan pavorit masyarakat diindonesia,sebab ubi banggai bisa dijadikan berbagai makanan olahan seperti kue, stick makanan ringan dan keripik.

Dengan demikian ubi banggai sudah bisa dinikmati oleh masayarakat  yang berada di luar  kota banggai yang dikonsumsi dalam bentuk penganan ringan hasil olahan.

PELUANG USAHA PEMBUATAN KERIPIK UBI BANGGAI

Ubi banggai dapat memberikan peluang bagi petani untuk mengembangkan ekonomi rumah tangganya yaitu dengan tidak mengkonsumsi langsung, melainkan diolah menjadi makanan ringan yang dapat dinikmati dengan rasanya yang sangat khas.

Salah satu penganan yang disukai dan juga menarik untuk dinikmati adalah keripik ubi. Memang telah banyak makanan ringan yang telah kita jumpai,tapi keripik ubi banggai memiliki rasa yang cukup khas yang tak kalah dengan keripik yang berbahan dasar jenis ubi yang lain.

Baca juga: olahan keripik singkong untuk prospek dimasa depan

Hal ini yang membuat peluang usaha olahan makanan pembuatan keripik ubi banggai semakin terbuka lebar bagi siapa saja. Peluang dari usaha keripik ubi banggai dapat dijadikan alternative usaha yang bernilai ekonomis tinggi.

Dalam proses pembuatan keripik ubi banggai tidaklah sulit dan dapat dikatan sangat mudah, karena proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pembuatan keripik yang berbahan dasar berbeda.

Untuk mendapatkan bahan baku dalam pembuatan keripik ubi banggai sebaiknya dilakukan pada saat petani ubi melakukan panen raya, sehinga bahan dasar  pembuatan keripik ubi banggai didapatkan dengan harga yang relative murah.

CARA PEMBUATAN KERIPIK UBI BANGGAI

Adapun cara kerja dari pembuatan keripik ubi banggai adalah :

Awalnya kita harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan keripik ubi banggai.

Peralatan yang dibutuhkan adalah:

  1. Pengiris ubi 

  2. Talenan dan pisau 

  3. Wajan 

  4. Baskom atau ember keranjang peniris.

Bahan membuat keripik ubi Banggai:
  1. Ubi banggai sebagai bahan baku 

  2. Bawang putih secukupnya 

  3. Garam  

  4. Minyak goreng

Cara pembuatan :
  • Ubi banggai dikupas, kemudian dicuci sampai bersih menggunakan garam

    Pencucian menggunakan air garam untuk menghilangkan lendir atau getah yang ada pada ubi banggai

  • Kemudian ditiriskan, ubi banggai yang telah kering diiris tipis kurang lebih 2 mm, lalu direndam dalam larutan air kapur sebentar.

    Fungsi perendaman ubi pada air kapur yaitu untuk menghilangkan rasa sepat serta dapat mencegah keripik menjadi kecoklatan saat penggorengan dan menjadikan keripik menjadi lebih renyah. 

  • Bawang putih serta garam dihaluskan kemudian diberi sedikit air; kemudian ubi banggai yang telah diiris direndam dengan bumbu bawang putih serta garam tadi.

    Pemberian bawang putih dan garam yang telah dihaluskan bertujuan untuk menambah aroma dan rasa pada keripik ubi banggai agar lebih menarik

  • Tiriskan, lalu goreng dengan minyak goreng panas, sampai menjadi kering, setelah itu ditiriskan.

  • Proses pengemasan keripik ubi banggai, dilakukan dengan menyimpan keripik ubi banggai pada wadah yang tertutup atau dikemas dengan kantong plastic yang telah diberi label

  •  Setelah dikemas dengan rapi dan menarik maka produk siap untuk dipasarkan.

Prospek usaha makanan ringan berupa keripik berbahan ubi banggai masih sangat baik untuk dikembangkan sebab rasanya yang khas dan berbeda dengan keripik berbahan singkong atau lainnya.