Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nipis Pasti Berhasil

Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nipis
Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nipis

Tren menanam buah dengan cara menanam dan merawat jeruk nipis tentu sangat menyenangkan. Kegiatan ini, dapat dijadikan sebagai salah satu aktivitas produktif yang memberikan banyak manfaat bagi sobat.

Tentu saja, dengan menanam jeruk nantinya tidak perlu lagi membeli jeruk nipis ketika membutuhkan. Cukup dengan memanen saja karena sudah memiliki pohon jeruk sehingga lebih praktis serta menyenangkan.

Untuk manfaat buah jeruk nipis, sangat popular dengan dimanfaatkan dalam kegiatan memasak. Selain itu, buah jeruk nipis di manfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan obat tradisional karena memiliki banyak kandungan bermanfaat.

Maka dari itu, tidak heran cara menanam dan merawat jeruk nipis sendiri harus diperhatikan lebih lanjut. Nantinya hasil dari penanaman jeruk nipis yang sobat lakukan akan mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan keinginan.

Keadaan tersebut merupakan hal yang di inginkan oleh setiap orang yang menanam jeruk nipis. cara penanaman jeruk nipis bisa menggunakan vegetative maupun generative menyesuaikan terhadap kebutuhan dari sobat.

Jika ingin lebih praktis tentu saja cara vegetative dengan menggunakan stek batang maupun cangkok bisa dijadikan pilihan. Namun, jika ingin melihat sejak dari awal pertumbuhan dapat di lakukan dengan menanam biji jeruk nipis.

Untuk lebih jelasnya, maka akan di jelaskan secara lebih lanjut cara menanam dan merawat jeruk nipis. Dengan melakukannya secara maksimal maka proses pertumbuhan jeruk nipis, akan memberikan kepuasan.

Ini Dia, Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nipis

Bila pohon jeruk nipis di beri perlakuan sesuai dengan panduan maka akan lebih mudah untuk tumbuh.

Mulai dari sejak menyiapkan bibit tanaman jeruk nipis hingga bisa memanennya, menjadi sebuah langkah yang menarik. 

Apalagi, ketika telah mengetahui cara menanam dan merawat jeruk nipis yang baik dan benar.

Maka, hasil yang di dapatkan juga akan lebih maksimal sesuai dengan keinginan sobat. 

Bukan hanya itu, manfaat dari melakukan budidaya jeruk nipis juga bisa di rasakan sehingga mendapatkan manfaat yang maksimal.

Pastikan sudah menggunakan cara terbaik sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak terjadi kesalahan. 

Hal ini, akan membantu sobat untuk mendapatkan hasil terbaik dari proses penanaman sehingga tidak mengecewaan.

1. Siapkan Terlebih Dahulu Bibit Jeruk Nipis

Ketika memilih melakukan cara menanam dan merawat jeruk nipis menggunakan biji. Maka pilih biji jeruk nipis yang digunakan dengan kualitas unggul, kemudian baru disemai hingga tumbuh pada kisaran tinggi 20 hingga 30 cm.

Jika sudah tumbuh hingga tinggi kisaran tersebut, maka sudah dapat dipindahkan pada media berupa tanah langsung. Tentu saja, sobat tetap harus melakukan perawatan secara maksimal agar mendapatkan hasil terbaik.

Melakukan penyiraman juga sangat penting, agar tidak terjadi kematian pada bakal bibit jeruk nipis. Menanam biji jeruk nipis, maka akan menunda waktu penanaman menjadi cukup lama kisaran 5 bulan maka baru mendapatkan bibit yang sesuai.

Jika memilih menggunakan stek maupun cangkok batang pohon jeruk nipis yang sudah jadi. Maka sobat tidak membutuhkan waktu lama, karena ketika sudah melakukan stek maupun cangkok tersebut dapat langsung ditanam.

2. Melakukan Perawatan Terhadap Tumbuhan Jeruk

Dalam cara menanam dan merawat jeruk nipis untuk perawatan cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Hanya dengan melakukan pemangkasan secara rutin terhadap beberapa ranting yang terkena hama sudah cukup.

Ketika terdapat ranting tanaman jeruk nipis yang terkena hama maupun penyakit maka dapat dihilangkan. Nah, ketika sudah dipangkas, maka pastikan menutup bekas dari pemangkasan tersebut dengan menggunakan cairan lilin.

Hal tersebut akan mencegah masuknya berbagai penyakit baru yang mungkin saja terjadi. Hanya dengan melakukan langkah perawatan tanaman jeruk dengan baik sudah bisa melindungi pohon jeruk nipis.

3. Pemanenan Terhadap Tumbuhan Jeruk  Nipis

Hanya dalam kurun waktu 8 bulan setelah melakukan perawatan tanaman jeruk nipis. Maka sudah bisa dilakukan pemanenan sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan diinginkan tanpa perlu kesulitan lagi.

Ketika buah jeruk nipis sudah matang, maka dapat dipetik serta dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Digunakan untuk memasak, dijadikan sebagai obat, serta dimanfaatkan dalam produk kecantikan .

Nah, melihat dari manfaat jeruk nipis yang beragam tersebut, maka tidak heran jika banyak orang yang menanam pohon jeruk. Selain mudah dalam melakukan perawatan jeruk nipis, ketika ditumbuhkan juga tidak banyak membutuhkan biaya.

Hanya dengan melakukan perawatan pohon jeruk nipis secara rutin, serta memberikan pupuk secukupnya saja. Maka hasil panen jeruk nipis akan maksimal dari cara menanam dan merawat jeruk nipis yang telah diterapkan secara baik dan benar.

Posting Komentar untuk " Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nipis Pasti Berhasil"