Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Jambu Kristal, Buah Dengan Manfaat Melimpah!

Menanam Jambu Kristal
Menanam Jambu Kristal 

Jambu kristal kini makin menuai popularitas. Pasalnya, selain rasanya yang enak, tekstur jambu kristal ini dikenal lebih renyah daripada jambu biji pada umumnya.

Apalagi, biji dari buah jambu kristal tersebut ternyata sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Sehingga, orang beramai-ramai untuk mencari tahu cara menanam jambu kristal sendiri di rumah.

Jambu Kristal Kaya Manfaat

Mengapa orang-orang ingin tahu cara menanam jambu kristal? Salah satu alasannya adalah tanaman buah jambu kristal ternyata punya banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. 

Hal ini karena kandungan buah jambu kristal kaya akan Vitamin C, B1, B2, A, beta karoten, hingga nutrisi lainnya.

Dari beberapa kandungan buah jambu tersebut, jambu kristal nyatanya mampu meningkatkan imunitas tubuh, mengusir radikal bebas, baik untuk kesehatan mata dan pencernaan. Selain itu, jambu kristal pun punya khasiat baik bagi para ibu hamil.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kandungan jambu kristal dipercaya ampuh mengobati penyakit berbahaya. Mulai dari keluhan jantung hingga penyakit yang cukup sering diderita masyarakat seperti batuk dan flu.

Cara Menanam Jambu Kristal

Untuk menghasilkan tanaman jambu kristal yang berkualitas baik, sobat harus tahu cara penanaman jambu kristal yang benar. 

Kali ini akan dijelaskan tentang cara menanam jambu kristal dari biji maupun dari okulasi dan cangkok.

Bibit buah jambu kristal yang digunakan punya tinggi 50 hingga 100 cm. Berikut penjelasan selengkapnya:

Persiapkan Lahan

Faktanya, jambu kristal ini dapat tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun, untuk langkah persiapan lahan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sehingga, jambu kristal dapat tumbuh dengan baik yaitu:

  • Lahan dengan kelembapan udara 70 hingga 90%.

  • Suhu udara sekitarnya minimal 15 derajat celcius, dan maksimal 34 derajat celcius.

  • Media tanam yang digunakan memiliki ph rata-rata 4,5 hingga 8,2.

Proses persiapan lahan diawali dengan membuat lubang tanam lalu diamkan hingga 2 minggu. Selama seminggu pastikan lubang tanam terkena sinar matahari yang cukup.

Pada 3 hari terakhir, berilah pupuk untuk pohon jambu kristal sebanyak sepertiga lubang. Jangan lupa siram lubang tersebut agar menjadi lembab dan siap ditanami.

Mencari Bibit Unggul

Tidak kalah penting dari mempersiapkan lahan. Pada tahap pencarian bibit ini pun harus sobat perhatikan. Ada beberapa kriteria bibit jambu kristal yang bisa dikatakan unggul seperti diantaranya adalah:

  1. Memiliki batang yang tampak kuat namun tak terlihat kecil atau kerdil.

  2. Mempunyai daun hijau dan terlihat rimbun.

  3. Bibit juga harus terbebas dari hama pengganggu.

  4. Punya tinggi ideal yaitu 50 hingga 100 cm.


Pemilihan bibit menjadi tahapan paling penting dalam proses menanam jambu kristal. Sebab, bibit yang jelek serta berkualitas buruk tidak menghasilkan buah yang bagus, bahkan tanaman jambu bisa tidak berbuah karena bibitnya berkualitas buruk.

Bibit bagus yaitu bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi maupun cangkok karena akan menghasilkan kualitas bibit yang sama dengan tanaman induknya. Selain itu, bibit juga harus sehat dan bebas dari segala macam penyakit

Proses Penanaman Jambu Kristal

Buka polybag bibit dengan mengguntingnya dari samping. Jangan lupa lakukan dengan hati-hati. Selanjutnya atur posisi akar jangan sampai ada bagian yang terlipat.

Supaya akar bisa tumbuh lebih banyak, gunting sedikit akar tunggang yang sudah tumbuh. Selain itu, untuk mencegah terjadinya penguapan secara berlebih, potong separuh lebar daun menggunakan gunting.

Letakkan bibit kurang lebih 5 cm di atas pangkal batang. Bibit juga harus diletakkan menghadap arah angin.

Usahakan juga bagian mata tunas tidak sampai terkubur dalam tanah. Jika semua selesai silahkan tutup lubang dengan hati-hati. 

Lalu, tancapkan batang bambu di sekitar bibit. Dengan begitu, tanaman pun bisa tumbuh tegak lurus ke atas. .

Perawatan Tanaman Jambu Kristal

Tahap inilah yang menentukan bibit jambu kristal berkualitas baik akan menghasilkan buah berkualitas baik juga, yaitu tahap perawatan.

Meskipun pada hakikatnya, tumbuhan jambu mampu tumbuh dan menghasilkan pada setiap keadaan tanah. Namun, kualitas buah jambu dari tumbuhan terawat dengan yang tidak juga akan berbeda.

Berikutnya adalah tahap perawatan. Tahap ini termasuk pengairan, pemupukan, serta pemangkasan. Mulailah dengan pengairan yang paling mudah.

1. Pengairan

Penyiraman pada tanaman bertujuan untuk menjaga tanah atau media tanam tetap lembap. Proses penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan juga sore.

Sebab jambu kristal hanya perlu disiram dua kali sehari. Jika hari itu sedang hujan sobat boleh menghentikan penyiraman manual.

2. Pemupukan

Pupuk untuk jambu kristal berfungsi sebagai suplemen atau tambahannutrisi untuk membuat tumbuhan lebih sehat, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, serta memacu tanaman berbuah lebat.

Oleh karena itu, penting untuk menambahkan pupuk buat jambu kristal pada saat menanam jambu kristal secara benar supaya hasil panen bisa berkualitas baik dan melimpah.

Soal pemupukan boleh sobat berikan setelah tanaman tumbuh sekitar 3 bulan. Jangan lupa selalu bersihkan gulma dan hama secara rutin.

3. Pemangkasan

Proses pemangkasan berguna untuk memudahkan perawatan serta supaya tumbuhan bisa berbuah secara maksimal.

Potonglah cabang-cabang yang kamu rasa sudah terlalu panjang atau terlalu rimbun Pemangkasan dilakukan pada cabang pohon yang dianggap tidak produktif.

Masa Panen

Jambu kristal baru mulai berbuah saat usia tanaman tersebut sudah mencapai 2 tahun. Untuk menjaga kualitas buah, baiknya buah yang sudah terbentuk sobat bungkus menggunakan plastik agar tidak mudah terserang hama.

Jambu kristal sudah bisa dipanen ketika menyentuh umur 110 sampai 120 hari setelah bunga mekar.

Ciri buah jambu kristal yang siap panen yaitu buahnya terlihat mengkilat, aromanya tercium, hingga kulitnya berubah warna menjadi hijau kekuningan.

Waktu yang baik untuk melakukan pemanenan jambu kristal yaitu di pagi hari dan memilih buah sesuai kriteria yang sudah disebutkan tadi.

Demikian cara menanam jambu kristal yang tepat. Tidak sulit memang, dan hasil panen buah ini tergolong produktif. Tidak ada salahnya sobat mencobanya sendiri dan nikmati kelezatan buahnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Jambu Kristal, Buah Dengan Manfaat Melimpah!"