Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! 11 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

manfaat jambu kristal

Jambu Kristal merupakan buah dengan nama latin psidium guajava. Buah ini dapat dikonsumsi secara lansung karena rasanya yang manis serta mempunyai tekstur yang yang lembut

Selain rasanya yang lezat dan renyah jambu yang satu ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, sebab memiliki beberapa kandungan yang sangat dibutuhkan ole tubuh.

Kandungan jambu Kristal Yang perlu sobat Ketahui

Kandungan yang terdapat dalam psidium guajava cukup komplit sebab selain mengandung protein dan karbohidrat terdapat juga kandungan serat. 

Di dalam buah seberat 100 gram, terdapat kandungan air 83 gram, 15 gram karbohidrat dan 5 gram serat serta 1 gram protein.

Ada juga beberapa nutrisi lain yakni kalium berkisar 103 miligram, fosfor  41 miligram, kalsium dikisaran 31 miligram, dan vitamin C dikisaran 116 miligram.

Selain kandungan diatas, dalam buah jambu kristal terdapat senyawa yang bersifat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan tersebut yakni Asam fenolik, flavonoid, saponin  kuersetin dan pektin.

Manfaat Jambu Kristal bagi Kesehatan Tubuh

Untuk mengetahui apa saja manfaat jambu kristal ada baiknya sobat simak uraian berikut ini:

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dan serat yang ada pada jambu kristal bisa membantu menstabilkan tekanan darah dan jika mengkonsumsi buah jambu secara rutin bisa mengurangi terjadinya peradangan pada organ jantung sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik

2. Mencegah Kanker

Dalam beberapa penemuan kandungan seperti flavonoid, tanin dan terpenoid yang ada pada ekstrak daun jambu kristal mampu bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker nasofaring, kanker prostat dan kanker usus besar.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Jambu Kristal dapat membantu sobat yang sedang melakukan diet sebab kandungan serat dan pektin yang tinggi dapat mengurangi nafsu makan karena dengan makan buah jambu kristal akan merasa kenyang yang cukup lama dengan begitu berat badan sobat akan tetap stabil.

Baca juga: cara menanam jambu kristal, buah dengan manfaat melimpah!

Namun hal ini masih dibutuhkan penelitian yang mendalam agar khasiat jambu kristal dalam mengurangi berat badan diketahui lebih dalam dan juga efeksamping yang kemungkinan ditimbulkannya.

4. Pengontrol Kadar Gula Darah

Ekstrak dari daun Jambu Kristal bisa membantu mengontrol jumlah gula dalam darah disebabkan adanya kandungan flavonoid dan polisakarida didalamnya. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada jambu Kristal akan meningkatkan kekebalan tubuh sobat sehingga dapat terhindar dari serangan berbagai virus dan bakteri. 

6. Penangkal Batuk

Kandungan anti bakteri yang ada pada jambu kristal hampir terdapat diseluruh bagian tanaman baik pada buah,daun,biji maupun pada kulitnya, oleh karenanya mengkonsumsi ekstrak jambu kristal dapat membantu meringankan batuk yang sebabkan adanya infeksi pada tenggorakan

7. Memerangi Tanda Penuaan Dini

Vitamin C yang terkandung didalam Jambu Kristal berperan penting dalam menyehatkan kulit dan memperlambat penuaan dini. Fungsi lain dari vitamin C yaitu dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat dan bintik hitam.

8. Penangkal Diare Alami

Seperti jambu biji pada umumnya, jambu Kristal bisa juga digunakan untuk menghentikan diare, karena kandungan kuersetin memiliki sifat antidiare serta kandungan serat yang tinggi akan meperbaiki fungsi pencernaan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengekstrak daun jambu kristal atau merebusnya terlebih dahulu setelah itu barulah di minum untuk mengatasi diare. 

9. Mengatasi Sembelit

Serat dan pektin yang dimiliki Jambu Kristal selain dapat mengatasi diare bisa juga mencegah terjadinya sembelit. Kedua zat akan bekerja dengan cara memadatkan feaces sehingga meperlancar proses buang air besar. 

10. Menjaga Kebersihan Mulut

Peradangan pada mulut seperti sariawan dan pembengkakan pada gusi dapat diatasi dengan daun jambu kristal sebab terdapat kandungan antibakteri didalamnya.

11. Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil dan Janin

Bagi seorang ibu hamil, Jambu Kristal merupakan salah satu buah pemasok nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Vitamin C berperan penting dalam tahap perkembangan janin.

Cara Mengkonsumsi Jambu Kristal

Cara mengonsumsi buah jambu kristal dimasa kini sangatlah beragam, karena jambu kristal dapat dinikmati dalam bentuk buah segar maupun dengan cara diolah terlebih dahulu  namun tetap memberikan manfaat yang maksimal. Berikut beberapa cara yang dapat sobat pilih:

Buah Jambu kristal bisa dimakan secara lansung setelah dipetik namun harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada buah. Cara tersebut untuk menjaga kwalitas rasa dan tekstur buah, sehingga tetap memberikan kenikmatan saat dikonsumsi.

Akan tetapi dizaman  yang sudah modern seperti saat ini cara yang paling populer untuk menikmati buah jambu kristal yakni dengan cara dibuat jus segar. Langkah ini dilakukan dengan cara mengekstrak buah jambu menjadi sari buah dan diberi tambahan seperti susu ,cremer atau lainnya sesuai selera agar lebih terasa segar.

Sari buah jambu kristal juga dapat dijadikan sirup, sirup jambu kristal bisa digunakan sebagai bahan tambahan pada minuman, tambahan dalam pembuatan es krim sehingga akan menambah banyak varian rasa dan juga sebagai sumber bahan pemanis alami.

Buah jambu kristal bisa dipotong-potong untuk ditambahkan dalam sop buah dan es buah, sehingga terjadi kombinasi rasa yang semakin komplit antara rasa manis dan segar dengan demikian akan menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmat buah.