Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat pupuk organik cair air kelapa yang sangat mudah

air kelapa
Air Kelapa ( Foto: Freepik)

Air kelapa sering sobat temukan dengan mudah dalam aktifitas keseharian, sebab dalam kegiatan rumah tangga kelapa merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia terutama saat memasak ataupun keperluan lainnya seperti kopra dan minyak goreng

Tanaman kelapa sangat mudah ditemukan hampir diseluruh tempat diindonesia, dikarenakan tanaman kelapa sangat mudah tumbuh dan memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga dapat dengan mudah menyebar diseluruh wilayah.

Selain daging buah kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, ada juga air kelapa yang dapat dimanfaatkan dibidang pertanian sebab air kelapa mempunyai banyak kandungan yang sangat baik dan untuk tanaman.

Kandungan air kelapa yang dibutuhkan tanaman

Hingga saat ini masih banyak ditemui air kelapa hanya menjadi limbah yang terbuang begitu saja padahal dapat digunakan sebagai pupuk organik cair sehingga dapat mengurangi biaya pembelian pupuk sintetis.

adapun kandungan yang terdapat pada air kelapa yang sobat bisa manfaatkan dibidang pertanian diantaranya yaitu: 

  • Nitrogen,kalium,magnesium dan kalsium ketiga unsur tersebut merupakan unsur hara  makro yang sangat dibutuhkan oleh semua tanaman dalam mendukung pertumbuhan

  • Hormon sitokinin dan auksin yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman serta pembentukan sel dan juga merangsang pertumbuhan tunas baru

  • karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tanaman sedangkan protein diantaranya  berguna untuk menghasilkan enzim pertahanan bagi tanaman sehingga lebih kebal terhadap hama maupun penyakit.

Manfaat air kelapa untuk tanaman

Secara umum air kelapa mempunyai beberapa manfaat untuk tanaman yaitu sebagai berikut :

  1. Merangsang pertumbuhan akar tanaman

  2. Meningkatkan kekuatan batang dan cabang tanaman

  3. Mempercepat pertumbuhan tanaman

  4. Merangsang pembentukan bunga dan buah pada tanaman

  5. Untuk memperbaiki kualitas dan jumlah hasil panen

Cara membuat pupuk organik cair air kelapa

sebelum melakukan pembuatan POC siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. 

  1. Baskom, Digunakan untuk menampung air kelapa saat proses pencampuran

  2. Saringan, Berguna untuk menyaring air kelapa agar terpisah dari kotoran 

  3. Botol ,Digunakan sebagai wadah fermentasi

  4. Air kelapa ( 2 Liter ) Bahan utama dalam pembuatan pupuk organik

  5. yakult ( 2 botol ukuran kecil ) Dekomposer/pengurai

  6. Gula merah ( 1 Ons ) Sumber tenaga bagi mikroba pengurai

Langkah pembuatan 

Masukan air kelapa yang telah disaring kedalam baskom,lalu masukan gula merah yang telah di iris halus kemudian di aduk sampai gulanya larut dan menyatu dengan air kelapa

Selanjutnya masukan yakult kedalam larutan air kelapa yang telah dicampur gula merah jangan lupa diaduk kembali sampai tercampur merata

Tahap ahir masukan larutan pupuk organik cair air kelapa kedalam botol jangan sampai penuh,  sisakan ruang kosong pada botol 1/4 bagian sebab proses fermentasi akan mengasilkan gas.

Baca juga:Tips cepat dan mudah membuat POC air cucian beras

Selanjutnya proses fermentasi, simpan botol yang berisi pupuk organik cair pada suhu ruang dan tidak terkena matahari lansung, jangan lupa agar membuka tutup botol setiap hari untuk mengeluarkan gas. 

Apabila tutup botol tidak dibuka bisa mengakibatkan botol tersebut meledak, karena gas yang dihasilkan dari proses fermentasi akan mencari tempat untuk keluar. fermentasi akan berlansung selama satu minggu.

Setelah tujuh hari pupuk organik cair air kelapa sudah dapat digunakan, ciri-cirinya adalah ketika dibuka akan tercium seperti bau tape dan warnanya akan sedikit lebih bening disebabkan bahan-bahannnya sudah mengendap.

Cara aplikasi pupuk organik air kelapa

untuk penggunaan campurkan poc dengan air sumur dengan perbandingan 1:10 atau satu liter pupuk organik cair dicampur sepuluh liter air. Dosis aplikasi dengan sistim smprot 300 ml/tangki 16 liter untuk kocor 100 ml.