Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan pengendalian OPT cabai poktan sumber berkah

Hari ini telah dilaksanakan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) yang dilaksanakan pada lahan tanaman cabai kelompok tani Sumber Berkah Desa Bantayan Kec.Luwuk Timur Kab.Banggai.

Poktan sumber berkah merupakan salah satu poktan yang cukup sukses membudidayakan tanaman cabai dengan memanfaatkan lahan sawah yang tidak tercukupi oleh aliran air irigasi pada saat musim kemarau. 

Sehingga para petani mencari alternatif dengan menanam cabai yang notabene lebih sedikit membutuhkan air ketimbang padi sawah.

Hal ini dilakukan untuk mengamankan produksi tanaman cabai yang ada pada poktan sumber berkah dari serangan OPT, sebab saat ini tanaman cabai merupakan komoditi yang paling seksi yang menjadi perbincangan masyarakat seiring dengan meningkatnya harga cabai dan isu inflasi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunanan Kabupaten Banggai, dan akan dilaksanakan dibeberapa Kecamatan sentra penghasil cabai.

Pada gerdal OPT kali ini melibatkan 25 orang petani cabai dan penyuluh yang ada di Balai Penyuluhan pertanian Kecamatan luwuk Timur.

Sebelum gerdal dilaksanakan para petani diberikan materi tentang hama utama tanaman cabai dan petunjuk tehnis pengendalianya.