Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menanam Manggis yang Bisa Dilakukan di Rumah

cara menanam manggis

Tanaman manggis kini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Ada yang menanam manggis di lahan kosong sekitar rumah, ada juga yang menanam manggis untuk dikembangkan sebagai bisnis. 

Nyatanya, cara menanam manggis ini bisa sobat lakukan dengan mudah dan praktis, lho. Nah, bagi sobat yang ingin tahu cara menanam manggis yang tepat dan mudah dilakukan sendiri di rumah, maka bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Syarat Menanam Tanaman Manggis

Sebelum mengetahui cara menanam manggis, sobat harus tahu lebih dulu syarat menanam  tanaman manggis tersebut, yaitu:

1.  Perhatikan iklim

Pastikan bahwa iklim di daerah sobat tidak memiliki angin yang terlalu kencang karena akan mengganggu proses penyerbukan. Iklim yang tepat untuk menanam manggis adalah memiliki temperatur sekitar 22 sampai 32 derajat.

2.  Media Tanam

Sebaiknya, tanaman manggis ditanam pada tanah subur atau tanah pegunungan. Pastikan juga terdapat kandungan organik pada tanah supaya pertumbuhannya baik. Selain itu, keasaman tanah juga harus berkisar antara 5-7 pH.

3.  Ketinggian Tempat

Ketinggian tanah tempat menanam manggis juga harus sobat perhatikan. Daerah yang terlalu tinggi akan lebih banyak angin dengan suhu rendah. 

Sementara dataran rendah akan memiliki suhu panas. Sehingga, ketinggian tempat yang ideal untuk menanam manggis adalah sekitar 500 diatas permukaan laut.

Cara Menanam Manggis Sendiri di Rumah

Manggis merupakan jenis buah-buahan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Tak hanya memiliki buah yang manis dan segar, kulitnya pun dapat diolah menjadi bahan-bahan penunjang kesehatan.

Pasalnya, kulit manggis mengandung antioksidan, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, pencegahan kanker hingga menaikkan kekebalan imun tubuh.

Berikut cara menanam manggis yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah, yaitu:

1.  Siapkan Bibit Tanaman Manggis

Cara menanam manggis pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Bibit manggis ini bisa sobat beli di toko pertanian atau membuatnya sendiri dengan cara generatif maupun vegetatif.

Cara vegetatif bisa sobat lakukan dengan cara mengambil biji buah manggis, sedangkan cara vegetatif bisa melalui teknik sambung pucuk tanaman.

Apabila sobat ingin menanam manggis dari biji buahnya, maka ambillah biji dari buah manggis yang sudah matang dengan ciri warna kulitnya merah keunguan. Pastikan sobat memilih biji yang sehat dengan berat minimal 1 gram.

Kemudian, rendam biji manggis dalam cairan fungisida selama 5 menit saja. Setelah itu, diamkan sampai kering supaya bisa disemai nantinya.

Namun, jika sobat ingin menanam manggis dengan menggunakan teknik sambung pucuk, maka ambillah tanaman yang masih berusia 18 bulan, memiliki panjang tunas sekitar 15 cm serta sudah tumbuh daun minimal 4 pasang helai.

Intinya, apapun caranya sobat mempersiapkan bibit, pastikan untuk memilih biji maupun tunas yang berkualitas unggul dan terhindar dari hama maupun penyakit.

2.  Buat Lahan Tanam Manggis

Cara menanam manggis bisa sobat lakukan di dalam pot maupun secara langsung di tanah lahan.

Jika ingin menanam manggis di tanah lahan, sobat harus memastikan bahwa lahan dalam kondisi bersih atau tidak terdapat tanaman lainnya. Cangkul tanahnya agar semakin gembur, lalu diamkan selama 1-2 minggu supaya racun yang ada dalam tanah menghilang.

Setelah itu, sobat bisa membuat lubang tanam sedalam 50 cm dengan jarak antar lubang satu dengan yang lain kurang lebih 5 m x 5 m, khusus untuk penanaman menggunakan teknik sambung pucuk.

Sedangkan jika sobat menanam manggis menggunakan biji, maka lakukan penyemaian terlebih dahulu dalam media semai. Jika benih sudah tubuh menjadi bibit, maka bisa dipindahkan ke lahan tanam yang sudah dipersiapkan.

3.  Proses Menanam Bibit Manggis

Untuk proses menanam bibit manggis, sobat dapat memasukkan bibit yang telah siap tanam ke dalam lubang yang sudah disiapkan di lahan. Lalu, tutup lagi lubang tanamnya menggunakan tanah yang sudah sobat campur dengan pupuk kandang.

Tekan-tekan secara perlahan supaya bibit tanaman manggis dapat menempel dengan tanah agar pertumbuhannya kuat dan kokoh.

Jika sudah, sobat bisa menyiramnya dengan air secukupnya supaya pupuk semakin meresap ke dalam tanah hingga akar tanaman.

4.  Lakukan Perawatan Tanaman Manggis dengan Tepat

Setelah berhasil menanam manggis, sobat perlu memberikan perawatan tanaman dengan baik dan teratur. 

Pasalnya, perawatan yang baik bisa membuat pertumbuhan tanaman semakin subur serta menghasilkan panen buah yang melimpah dengan rasa segar dan daging tebal.

Sobat dapat menyiram tanaman manggis secara rutin 2 kali sehari. Jangan lupa untuk memberikan pupuk supaya menambah nutrisi bagi tanaman. Sehingga, pertumbuhannya dapat subur dan optimal.

Untuk jenis pupuknya, sobat bisa memilih pupuk organik saja. Pemberian pupuk organik ini dapat membuat tanaman manggis lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. 

Tak hanya itu, pupuk organik juga lebih alami serta baik untuk keseimbangan tanah maupun pertumbuhan tanamannya.

Selain pemberian pupuk, sobat harus rajin membersihkan area tanam manggis dari rumput liar yang tumbuh di sekitarnya. 

Kalau sobat menemukan tanaman manggis yang terkena penyakit atau terserang hama, maka segera cabut tanamannya supaya bagian tanaman manggis lain tidak tertular.

5.  Saatnya Panen Buah Manggis

Perlu sobat ketahui bahwa tanaman manggis sudah mulai berbuah saat berumur 104 - 110 hari dan terlihat bunga tanamannya pun sudah bermekaran.

Sobat dapat memanen buah manggis yang sudah terlihat matang dari pohonnya. Adapun ciri-ciri buah manggis yang sudah bisa dipanen adalah kulit buah berwarna merah sedikit kecoklatan hingga keunguan. Kemudian, tekstur buahnya akan terasa empuk saat sobat pegang.

Perhatikan juga bagian tangkai dan kelopak dari buah, kalau terlihat sedikit ada bercak, artinya buah manggis sudah matang serta memiliki citarasa manis keasaman yang menyegarkan.

Itulah informasi mengenai cara menanam manggis yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah. Bagaimana, apakah tertarik untuk mencobanya?