Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 8 Tips Pemupukan Pepaya California Dijamin Cepat Berbuah

pemupukan pepaya california

Pemupukan pepaya California sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan tanaman lain, selain membutuhkan air dan sinar matahari juga butuh nutrisi dari pupuk. Pepaya jenis California ini merupakan salah satu jenis papaya yang banyak diminati.

Saat ini banyak petani yang mulai memberdayakan pepaya varietas califoria ini, karena sangat menjanjikan dan menguntungkan. Pepaya California ini memiliki beberapa keunggulan dan sifat yang sangat di sukai orang-orang. Misalnya bobot buah yang tidak terlalu besar yakni 0,8-1,5kg saja.

Kemudian pepaya jenis ini juga memiliki kulit yang lebih hijau, tebal dan mulus sehingga enak dilihat. Bentuknya lonjong, jika matang kulit buah nya berwarna kuning, rasanya manis, dagingnya tebal dan kenyal. Tetapi jelas tidak mudah untuk menghasilkan buah papaya dengan kualitas terbaik.

8 Tips Pemupukan Pepaya California

Berikut ini 8 tips pemupukan pepaya California yang bisa sobat tiru agar tanaman sobat bisa cepat berbuah dan anti gagal panen.

1.  Selalu Perhatikan Tumbuh Kembang Tanaman

Tanaman sudah seperti hewan peliharaan atau anak yang tumbuh kembangnya harus diperhatikan setiap hari. Cara ini juga semakin memudahkan untuk pemupukannya, sobat harus sering melihat bagaimana tumbuh kembang bibit tersebut.

Jika ditemukan suatu masalah maka bisa langsung ditangani, karena semakin cepat tanaman diberi penanganan maka semakin baik. Hal tersebut juga penting untuk melihat seberapa banyak dosis pupuk yang bisa diberikan agar tanaman bisa bertumbuh dan berkembang dengan maksimal.

2.  Jangan Lupakan Bagian Media Tanam

Tentu saja bagian ini juga tidak boleh terlewat yakni media tanam, dalam proses pemupukan pepaya California media tanam menjadi komponen penting. Tapi sebelumnya sobat harus mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis media tanam yang akan digunakan. 

Media tanam berfungsi untuk menopang pertumbuhan bibit papaya sehingga harus dipilih dengan baik jenis media yang akan digunakan. Setidaknya formula media tanam yang digunakan sesuai, apakah harus menambah pasir atau pupuk kompos saja.

3.  Ketahui  Waktu Penyiraman

Berikutnya yang tidak boleh sampai dilewatkan yakni mengetahui waktu penyiraman yang tepat, tapi tergantung dengan dimana sobat menanam bibit tanaman didalam pot atau langsung di tanah. Pastikan sobat tidak terlalu banyak dalam memberi air, bisa jadi tanaman sobat akan busuk.

Setelah itu, pemupukan pepaya California harus jelas jika ditanam dalam pot, maka pastikan drainase atau tempat mengeluarkan air nya berjalan dengan baik. jangan sampai air menggenang di dalam pot, kalau tidak akar tanaman sobat akan busuk dan tidak berkembang.

4.  Menggunakan Garam Sebagai Campuran Pupuk

Selanjutnya, tahap yang bisa sobat tiru yakni dengan menambahkan campuran pupuk dengan garam. Ini merupakan salah satu jenis pupuk alami yang bisa digunakan agar bibit tanaman yang sobat miliki bisa berkembang dengan baik. Misalnya dengan menambah pupuk dengan kalium tinggi agar hasil lebih maksimal.

Caranya cukup dengan gali lubang di sekeliling tanaman yang sudah sobat buat, kemudian masukan atau tabur garam dan tutupi kembali dengan tanah. Namun tips lain yang harus diketahui jangan lakukan pemupukan dengan cara ini jika menghadapi musim penghujan.

5.  Gunakan Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk yang biasa digunakan untuk beragam jenis tanaman. Proses pemupukan pepaya California ini juga ternyata bisa sobat tiru sendiri dirumah, karena pupuk kompos mmeberikan efek yang menyuburkan tanah.

Tapi untuk menghemat pengeluaran, sobat bisa membuat alternatif nya dengan menimbun sampah organik yang dapat terurai dengan bakteri. Sehingga cara ini akan memudahkan sobat supaya mendapat pupuk kompos yang lebih baik karena sobat buat sendiri.

6.  Tambahkan Pupuk Kandang

Selain pupuk kompos, pupuk kandang juga harus diberikan untuk jenis tanaman pepaya California supaya hasilnya lebih baik. Selain itu, pupuk kandang juga memiliki harga yang lebih murah sehingga sobat bisa memakainya lebih banyak dan lebih mudah ditemukan.

Tentu saja pemupukan pepaya California dengan pupuk kandang ini juga harus disesuaikan mengenai takaran dan jenis media yang digunakan. Pupuk kandang sendiri bisa didapat dari kotoran hewan seperti kambing, sapi atau ayam.

7.  Tambahkan Pupuk Kimia

Berikutnya, untuk hasil tanaman pepaya California yang baik yaitu dengan menambahkan pupuk kimia. Tentu saja pupuk kimia sudah sering digunakan dan lebih praktis karena sudah terjual di banyak toko tanaman. Banyak tanaman yang berhasil tumbuh lebat setelah memakai pupuk kimia.

Kalau bingung bagaimana jenis takarannya yaitu dengan melihat bagian belakang bungkus pupuk. Karena ada takaran tersendiri untuk menambahkan pupuk kimia dengan media tanam yang digunakan. Sebab pupuk kimia bisa mengusir hama dan membuat tanaman berbuah lebih lebat.

8.  Lakukan Pemupukan 2 Kali Setahun

Selanjutnya, tips terakhir yang tidak boleh dilupakan yaitu mengetahui berapa kali pupuk harus diberikan. Pemupukan pepaya California ini bisa dilakukan dengan cara setelah bibit ditanam selama 4 bulan ke atas dan lakukanlah minimal 2 kali dalam satu tahun.

Jangan lakukan secara berlebih sebab jika tanaman terlalu banyak diberi pupuk maka tanaman akan terlalu banyak nutrisi dan tidak akan tumbuh. Sehingga baiknya dalam satu tahun tersebut lakukan pemupukan minimal 2 sampai 3 kali saja dalam setahun. Jangan lebih dan jangan sampai kurang.

Itulah beberapa ulasan tentang cara dan tips melakukan pemupukan pada tanaman papaya dengan varietas California. Tentu saja tips diatas juga bisa digunakan untuk jenis tanaman lain agar berbuah lebat.

Semoga tips pemupukan pepaya California diatas dapat bermanfaat bagi sobat yang ingin mulai bercocok tanam untuk jenis tanaman ini dan petani yang bingung kenapa tanaman sobat tidak berbuah lebat.