Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Susu Kedelai Enak Bisa Dicoba di Rumah

Cara bikin susu kedelai
Cara Bikin Susu Kedelai
Sebagian besar masyarakat di Indonesia sampai sekarang belum tahu cara bikin susu kedelai yang memiliki manfaat luar biasa. Susu kedelai merupakan minuman dari kacang kedelai hasil direndam, dihaluskan, dan direbus.

Kedelai yang sudah direbus tersebut pada akhirnya disaring sehingga menghasilkan produk minuman susu kedelai. Di Indonesia, hampir semua orang pasti sudah mengenal susu kedelai karena hampir mirip seperti minuman umumnya.

Minuman ini memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh manusia, jadi wajar saja keberadaan susu kedelai sangat populer. Rasa original dari susu kedelai yang murni pasti sedikit hambar atau tawar.

Namun seiring berjalannya waktu, dunia kuliner semakin berkembang membuat susu kedelai dapat dicampur dengan rasa-rasa tertentu. Seperti halnya campuran rasa susu kedelai coklat, melon, stroberi, matcha, dan tentunya ada taro.

Semua rasa dihasilkan dari campuran bubuk makanan tambahan yang sudah terjamin keamanannya. Produk susu dari kacang kedelai sudah populer ternyata tidak membuat banyak orang mengenali resep dan cara pembuatannya.

Jika Anda penasaran dengan cara membuat susu kedelai, kami akan beberkan melalui penjelasan di bawah. Langsung saja ketahui cara lengkap membuat susu kedelai enak yang dapat dicoba sendiri di rumah.

Cara Bikin Susu Kedelai dengan Resep Terbaik

Sebelum bisa dibeli oleh masyarakat luas, tentunya susu kedelai akan diproses dulu dengan dibuat sendiri dari rumah. Adapun bahan yang harus disiapkan yaitu :

  1. 250 gram kacang kedelai
  2. 200 gram gula putih atau sesuaikan dengan kebutuhan
  3. Air bersih secukupnya
  4. Daun pandan dan daun jeruk secukupnya
  5. Sedikit garam

Agar Anda tidak kesulitan ketika ingin minum susu kedelai, inilah langkah pembuatannya.

  • Menyiapkan Kedelai

Langkah pertama dalam membuat susu jenis ini, Anda harus menyiapkan kacang kedelai terbaik. Tenang saja, kacang kedelai bisa dicari dan dibeli di pasar atau minimarket sekitar tempat tinggal Anda masing-masing.

Pastikan memilih kacang kedelai berkualitas supaya memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi. Anda harus teliti dalam memilih kedelai agar tidak mendapatkan kacang yang sudah busuk atau kualitasnya berkurang.

  • Merendam Kedelai

Setelah menyiapkan kedelai, tahap kedua harus membersihkan kacang kedelai secara teliti untuk memastikan tidak ada kotoran dan sambil dicuci dengan air mengalir. Kemudian, kacang kedelai perlu direndam dalam waktu 8 jam atau bisa disebut semalam.

Jangan lupa, cara bikin susu kedelai agar enak harus direndam menggunakan air hangat supaya kulitnya mengelupas. Karena kita hanya membutuhkan bagian dalam dari kedelai untuk diproses ke tahap selanjutnya.

  • Haluskan dengan Blender

Agar memudahkan proses menghaluskan kedelai, Anda bisa memanfaatkan blender yang menggunakan listrik. Masukkan kedelai hasil rendaman semalam ke dalam blender sedikit demi sedikit, kemudian campur dengan air secukupnya supaya bisa mengeluarkan sari.

Tunggulah proses blender sampai benar-benar halus dan tercampur dengan air yang dimasukkan di dalamnnya. Pastikan tidak ada kedelai kasar, setelah itu baru masuk ke tahap penyaringan secara manual menggunakan kain.

  • Penyaringan

Setelah Anda menghaluskan menggunakan blender, berikutnya kedelai harus disaring menggunakan alat saringan manual. Cukup ambil air yang sudah tercampur secara merata dengan sari kedelai, pisahkan dengan biji kacangnya.

  • Rebus Air Kedelai

Penting untuk dipahami, inti kesuksesan dari proses pembuatan susu kedelai dapat dilihat pada tahap merebus. Anda harus merebus sari kedelai dengan air dan mencampurkan daun jeruk, dan pandan sesuai kebutuhan.

Rebuslah dengan menggunakan api sedang supaya tingkat kematangan sempurna dapat dirasakan ketika dikonsumsi. Jika sudah agak mendidih masukan 200 gram gula putih atau sesuaikan dengan selera dan jangan lupa tambahkan sedikit garam sambil di aduk. 

Bila saat perebusan berbuih keluarkan buihnya, Setelah selesai direbus, tunggulah sampai dingin untuk disaring kembali menggunakan kain katun bersih demi memisahkan seluruh bahan-bahan berupa ampas.

  • Sajikan Susu Kedelai

Anda bisa menyajikan susu kedelai dalam keadaan hangat yang disantap secara nikmat tanpa mengurangi cita rasa khas. Namun tidak ada salahnya bila Anda ingin mengonsumsi dalam keadaan dingin juga enak.

Cobalah membuat susu kedelai sendiri mulai sekarang dengan menerapkan cara lengkap di atas. Dengan menerapkan cara bikin susu kedelai sesuai penjelasan kami, dijamin enak dan mudah dicoba sendiri dari rumah.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Susu Kedelai Enak Bisa Dicoba di Rumah "