Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Manfaat dan Cara Menanam Pisang Kavendis yang Tepat

pisang kavendis

Pisang Kavendis atau sering disebut sebagai pisang ambon putih memiliki tekstur yang lembut dan berkulit tipis. Tak heran, jenis pisang ini cocok menjadi bahan dasar olahan puding pisang, pisang goreng, muffin hingga kue.

Selain itu, pisang kavendis memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, mineral fosfor, kalium serta karbohidrat. 

Bahkan, pisang ini mengandung 400 mg potasium per 100 gramnya yang mana kandungan potasium dalam pisang kavendis dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 27%.

Bagi sobat yang penasaran dengan manfaat pisang kavendis beserta cara menanamnya yang tepat, langsung saja simak ulasan berikut.

Manfaat Pisang Kavendis

Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh pisang kavendis, yaitu:

1. Cegah Alergi dan Sesak Napas

Pisang Kavendis memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga berpotensi untuk menghindari resiko terkena penyakit alergi dan sesak napas (asma).

Manfaat ini telah diteliti oleh para peneliti Inggris, dimana hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi pisang kavendis setiap hari memiliki peluang kecil terkena asma serta alergi.

2.  Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasium dan magnesium yang terdapat dalam pisang kavendis dapat membantu menjaga kesehatan ginjal sobat. Sebab, kedua kandungan itu bisa menjadi filter yang menghambat terbentuknya batu ginjal didalam tubuh.

3.  Cocok untuk Diet

Pisang Kavendis ternyata cocok dikonsumsi untuk sobat yang tengah menjalankan diet sehat. Sebab, pisang ini memiliki kandungan tepung yang bisa mengontrol gula darah serta kandungan fiber untuk membantu sobat menurunkan berat badan. 

Tentunya, sobat bisa mengonsumsi pisang kavendis secara rutin setiap hari selama proses diet dilakukan.

4. Bagus untuk Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pisang kavendis memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menurut jurnal Ophthalmology, seseorang yang mengonsumsi 3 pisang kavendis setiap hari akan minim terserang penyakit yang berhubungan dengan mata.

5. Bagus untuk Pencernaan

Manfaat pisang kavendis lainnya adalah bagus untuk kesehatan pencernaan. Manfaat ini didapatkan dari tingginya kandungan serat dalam pisang yang mampu melancarkan BAB. Jadi, kalau sobat merasa sembelit, maka solusi terbaik adalah mengonsumsi pisang kavendis.

Cara Menanam Pisang Kavendis

Setelah mengetahui manfaatnya, sobat bisa mengikuti cara menanam pisang kavendis, terutama bagi sobat yang ingin mencoba menanamnya untuk menghemat budget supaya tidak perlu membeli pisang ini secara terus menerus.

Berikut beberapa cara menanam pisang kavendis yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Pilih Bibit Pisang Kavendis

Cara menanam pisang kavendis bisa sobat awali dengan memilih bibitnya terlebih dahulu. Sobat dapat membelinya secara online atau offline di toko bibit tanaman. Selain itu, sobat juga bisa mengambil dari bibit tunas pohon pisang yang sudah tumbuh dengan baik.

Apabila ingin menanam pisang kavendis dengan mengambil bibit tunas, maka pilih tugas yang memiliki tinggi sekitar 1 sampai 1,5 meter dengan diameter batang sebesar 7 sampai 12 cm.

2. Persiapkan Lahan Untuk Menanam Bibit Pisang Kavendis

Jika sudah mendapatkan bibit pisang kavendis yang berkualitas, kini saatnya mulai menyiapkan lahan untuk menanam bibit pisang tersebut.

Lahan yang bagus untuk menanam pisang kavendis merupakan lahan yang tidak terdapat genangan air serta memiliki kandungan ph di angka 5.

Baca juga: cara membuat POC dari bonggol pisang, ternyata mudah

Lantas, bagaimana jika kandungan ph di lahan yang sobat miliki berada di bawah angka 5? Tenang saja, sobat tidak perlu khawatir. 

Sebab, sobat bisa memberikan kapur pada tanah dengan dosis kira-kira 300 kg/ha untuk menjaga kadar keasaman tanahnya.

3. Berikan Pupuk Sebelum Menanam

Setelah bibit dan lahan sudah siap, sobat bisa mulai memberikan pupuk terlebih dahulu pada lahan yang akan ditanami pisang kavendis.

Pertama-tama, sobat dapat membuat lubang tanam berukuran 40x40x40 cm. Selanjutnya, campurkan satu sendok makan pupuk NPK, satu sendok makan pupuk furadan, serta 2 kg pupuk kandang pada tanah atau lahan yang akan ditanami pisang kavendis tersebut.

Sobat bisa mendiamkan pupuk yang sudah tercampur dengan tanah dalam waktu 2 hingga 3 minggu sebelum proses penanaman.

4. Tanam Bibit Pisang Kavendis

Apabila tanah dan pupuk sudah bercampur dan siap untuk ditanami, kini sudah saatnya sobat mulai melakukan proses penanaman bibit pisang kavendis. Namun, perlu diperhatikan bahwa proses penanaman jenis pisang ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sobat dapat mulai menanam tunas pisang kavendis dalam lubang tanam serta pastikan posisi akar menyentuh tanah. 

Selanjutnya, pastikan bibit pisang kavendis memiliki ukuran lebih tinggi, sekitar 20 cm hingga 30 cm di atas permukaan tanah. Kalau sudah sesuai, sobat bisa menutup bibit dengan tanah serta berilah air secukupnya.

5. Lakukan Perawatan Tanaman Pisang Kavendis dengan Baik

Setelah sobat memastikan bahwa bibit pisang kavendis sudah tertanam dengan baik, pastikan bahwa tanaman tersebut terhindar dari serangan hama dengan melakukan perawatan yang baik untuk tanaman pisang kavendis.

Adapun perawatan yang bisa sobat lakukan, yakni memotong pelepah pisang yang sudah kering, lalu siram pohon secara rutin. Selanjutnya, sobat bisa menyingkirkan atau membersihkan gulma serta rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon.

Pisahkan juga anak pohon yang mungkin tumbuh di sekitar tanaman, lalu tanam kembali dengan jarak sekitar 3-4 meter dan potong jantung pisang jika sudah bunga terakhir sudah mekar.

Apabila buah pisang kavendis sudah mulai muncul, sobat bisa membungkus buahnya dengan plastik ukuran 45 cm sampai 1 meter supaya tidak dimakan hewan-hewan liar. pastikan pula sobat membuang buah yang tidak berkualitas atau busuk, ya.

Itulah informasi mengenai manfaat dan cara menanam buah kavendis yang bisa sobat ketahui. Sobat dapat mulai memanen buah pisang kavendis saat pohon berusia 12 - 13 bulan, tergantung cuaca. 

Kalau cuaca kemarau, pisang kavendis bisa sobat panen di hari ke-80 setelah jantung pisang muncul. Sementara saat musim hujan, buah pisang ini bisa dipanen pada hari ke-120 setelah jantung pisang keluar.