Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cerdas Budidaya Bawang Merah Polybag Pasti Berhasil

 Budidaya Bawang Merah Polybag Pasti Berhasil

Budidaya bawang merah polibag
Budidaya bawang merah polibag

Saat ini budidaya bawang merah polybag sudah dapat dilakukan oleh setiap orang. Untuk perawatannya juga tidak membutuhkan sentuhan khusus sehingga dapat dilakukan secara mudah dan menghasilkan bumbu masakan yang berkualitas.

Tanaman bawang menjadi salah satu bumbu utama yang paling banyak digunakan ketika memasak. Setiap orang membutuhkan bawang merah ketika sedang memasak untuk menambah cita rasa setiap masakan yang dihidangkan.

Harga bumbu sendiri, setiap harinya melonjak secara tiba-tiba sehingga membuat keluarga kesulitan. Solusi terbaik untuk mengatasinya, petani harus mulai menanam bawang merah tanpa membutuhkan banyak ruang yaitu dengan menggunakan polybag.

Di samping mudah dilakukan budidaya bawang merah polybag juga memberikan asupan dapur berupa tanaman segar. Saat membutuhkan, hanya perlu memetik secara langsung pada kebun milik sobat, tanpa harus membelinya ke pasar.

Selain menghemat pengeluaran hal tersebut juga memberikan kemudahan bagi sipenanam. Dalam proses penanaman ini, tidak memerlukan lagi tanah yang luas, melainkan menggunakan media tanam bawang merah di polibag sebagai pilihan .

Untuk cara penanaman juga sangat praktis sehingga dapat dilakukan oleh petani siapa saja. Meskipun masih berada pada tahap pemula, tetap dapat melakukan tahapan menanam bawang merah dan  nantinya tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus.

Namun, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan agar budidaya bawang merah polibag tumbuh dan berkembang secara maksimal diantaranya yaitu penyinaran, kelembaban dan suhu udara.

Agar dapat tumbuh dengan baik tanaman bawang merah membutuhkan sinar matahari sebanyak 75% dengan lama penyinaran perhari 10 sampai 15 jam dan kelembaban 60-80%, sedangkan suhu udara yang ideal berkisar 25 hingga 32 derajat celcius.

Dengan mengetahui faktor tersebut akan memudahkan sobat dalam melakukan perawatan bawang merah di polibag sehingga nantinya akan memberikan hasil yang maksimal. 

Cara Budidaya Bawang Merah Polybag Secara Praktis

Menanam bawang merah di polibag sangatlah mudah dan cepat untuk melakukan pemanenan. Lama pertumbuhan bawang merah hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja maka sudah dapat memetik hasil dari penanaman menggunakan cara berikut ini :

1.Menyiapkan Media Tanam Yang Digunakan

Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam bawang berupa tanah, sekam, pupuk kandang juga arang kayu dengan perbandingan 2:1:1:1. Satukan kempat bahan dan aduk hingga tercampur rata. Masukan adonan dalam wadah polibag ukuran 40 x 40. 

Siram media dengan air, usahakan seluruh media tanam bawang merah basah. Diamkan selama tiga hari setelahnya barulah dapat digunakan untuk menanam bawang. Kemudian pilihlah bibit dari umbi bawang yang unggul untuk budidaya bawang merah polybag agar tumbuh subur.

Kualitas bibit untuk ditanam sendiri, nantinya juga akan menjadi penentu terhadap pertumbuhan juga hasil yang didapatkan. Maka dari itu, baiknya mendapatkan bibit umbi dengan usia kisaran 70 hingga 80 hari dengan keadaan layak tanam.

Sebelum menanam ada baiknya jika ujung bibit disayat terlebih dahulu dan berikan perlakuan fungisida agar tidak tercemar oleh jamur. Jangan lupa untuk memberikan air terlebih dahulu pada media sebelum mulai menanam bibit yang telah disiapkan.

2. Lakukan Penanaman Serta Berikan Pupuk Yang Cukup

Tanamlah sebanyak 4 umbi per polibag dan berikan jarak antar umbi satu dengan lainnya supaya tidak berhimpitan. Pemberian pupuk, dapat dilakukan pada usia 2 minggu setelah tanam untuk pemupukan pertama dan usia 4 minggu setelah tanam untuk pemupukan kedua. 

Gunakan pupuk NPK dengan dosis pemupukan 1 gram hingga 2 gram per polibag atau dapat disesuaikan dengan keadaan dari tanaman.

3. Perawatan dan Proses Panen Terhadap Tanaman

Budidaya bawang merah polybag perawatannya sangat mudah dan sederhana, ketika sudah selesai ditanam, lakukan penyiraman secara rutin agar mendapatkan air yang cukup. Saat melakukan penyiraman jangan sampai bibit hanyut maupun terendam oleh genangan air yang mengakibatkan pembusukan pada umbi.

Selanjutnya cukup melakukan penyiangan terhadap rumput maupun tumbuhan liar di area media tanaman dengan begitu tidak akan ada hama yang menyerang tanaman. Namun jika sewaktu-waktu terjadi serangan hama pada bawang merah, sobat cukup menggunakan pestisida nabati untuk mengendalikannya .

Bawang merah yang sudah dapat dipanen ditandai dengan sudah menguningnya daun tanaman 75 hingga 80%  serta umbi bawang merah nampak merah dan mengkilat. Pada bagian pangkal batang tanaman sudah kempis dan mengering.

Tatacara pemanenan bawang merah dipolibag tidaklah rumit, sobat hanya cukup mencabutnya lansung dari media tanam lalu bersihkan dari tanah yang masih melekat pada umbi. Jemur bawang merah dibawah sinar matahari sampai kering supaya terhindar dari jamur. 

Setelah kering sobat bisa langsung menyimpannya dikarung goni atau dengan cara beberapa bawang merah diikat menjadi satu kemudian digantung agar terkena angin sehingga tersimpan lebih lama.

Ketika telah mulai melakukan penanaman, maka akan ada banyak hal menarik didapatkan. Melakukan budidaya bawang merah polybag menggunakan cara mudah, membuat banyak orang bisa menjadi petani tanpa melakukan proses yang rumit.

Posting Komentar untuk "Cara Cerdas Budidaya Bawang Merah Polybag Pasti Berhasil"