Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemupukan Cabe Baru Tanam Dengan Waktu Pemupukan Yang Tepat

pemupukan cabe
Cara Pemupukan Cabe

Pemupukan cabe adalah upaya yang dilakukan petani untuk memberikan tambahan nutrisi untuk tanaman cabe agar tumbuh subur dan berproduksi maksimal.

Sebenarnya tanaman cabe memang tetap akan berbuah tanpa harus di pupuk, namun hasil panennya tidaklah sesuai dengan harapan sobat tani walaupun telah menggunakan benih varietas unggul.

Sebab setiap varietas cabe unggul memiliki keunggulan dalam hal produktivitas. Namun produktivitas tersebut tidak akan tercapai tanpa dukungan nutrisi buat tanaman cabe dalam jumlah yang cukup. 

Semakin tinggi produktivitas dari varietas cabe yang sobat budidayakan, maka akan semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan. Sementara nutrisi didalam tanah belum mencukupi.

Nah, nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabe akan tercukupi bila dilakukan pemupukan. Untuk melakukannya juga tidak begitu sulit hanya perlu pengetahuan sedikit saja sudah dapat melakukan pemupukan pada tanaman cabe.

Untuk mendapatkan pupuk nutrisi untuk cabe sangatlah mudah sobat hanya perlu datang ke toko pertanian disana sudah banyak tersedia pupuk cabe yang bagus dengan berbagai jenis dan kandungan. 

Sobat tinggal memilih saja pupuk buat cabe menggunakan yang cair atau yang granul,  sobat dapat mengkombinasikan keduanya.

Cara Pemupukan Cabe Baru Tanam Dengan Menerapkan Empat Tepat

Memang banyak petani yang telah melakukan pemupukan cabe dengan tujuan agar memperoleh hasil panen yang melimpah. Meskipun pemupukan pada tanaman cabe sangat dianjurkan tetapi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Karena pemupukan yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tanaman cabe dan juga akan menimbulkan kerusakan pada tanah selain itu akan mengakibatkan tanah menjadi asam. Oleh karena dalam pemberiannya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain :  

  1. Tepat jenis, Untuk jenis pupuk yang akan digunakan memupuk tanaman cabe sobat bisa memilih menggunakan pupuk granul berupa pupuk tunggal seperti urea, Sp-36 dan Za bisa juga menggantinya dengan pupuk majemuk seperti NPK .

    Sesuaikan saja dengan keadaan tanah dan unsur yang dibutuhkan tanaman cabe. Misal kekurangan nitrogen berikan pupuk yang mengandung unsur tersebut. 

  2. Tepat dosis, Dosis pupuk untuk cabe yang pertama mengacu pada kebutuhan tanaman tidak boleh berlebihan dan jangan sampai kekurangan karena selain tidak efektif juga tidak efisien dalam penggunaannya. 

    Acuan yang digunakan untuk memupuk cabe yang kedua adalah mengacu pada status hara tanah setempat yang telah diuji dengan perangkat uji tanah (PUTK) .

    Ketiga sobat sesuaikan dengan target hasil yang ingin dicapai. Untuk poin ketiga ini sesuaikan dengan varietas cabe yang digunakan. Karena setiap varietas memiliki batas kemampuan produktivitas. 

    Contoh varietas cabe yang produktivitasnya maksimal 3 ton/hektar tentu hasil panen yang ditargetkan hanya 3 ton maka itulah yang menjadi acuan. 

  3. Tepat waktu,Yang dimaksud dengan tepat waktu dalam pemberian pupuk yaitu waktu yang tepat untuk pemupukan sehingga hara selalu tercukupi saat tanaman cabe membutuhkannya dalam jumlah besar. Misalnya pada saat tanaman cabe memasuki masa generatif . 

  4. Tepat cara, Tepat cara yaitu tepat cara pemberian pupuk misalnya pemberian pupuk berbentuk granul/butiran sebaiknya dengan cara ditugal pada saat musim penghujan agar tidak mudah tercuci oleh air hujan. 

    Jarak pemupukan cabe dari pohon tanaman cabe juga penting untuk diperhatikan agar maksimal diserap oleh akar tanaman.

Bila nutrisi pada cabe terpenuhi tentu akan meningkatkan kekebalan tanaman terhadap serangan hama seperti kutu kebul, tungau maupun thrips yang sering menyerang tanaman cabe dan jika tanaman sehat dengan sendirinya penyakit tidak akan mudah menginveksi tanaman.

Cara Pemupukan cabe baru tanam sangat diperlukan mengingat tanaman cabe akan terus tumbuh dan berkembang. Dengan bertambahnya umur tanaman maka kebutuhan nutrisi cabe juga otomatis akan semakin banyak apalagi bila sudah memasuki fase generatif.

Untuk dosis pemupukan cabe disesuaikan dengan umur juga kebutuhan tanaman, ini sangat penting sebab akan mempengaruhi respon tanaman cabe terhadap pupuk.

Bila berlebihan akan menyebabkan keracunan pada tanaman sedangkan jika kekurangan kebutuhan tanaman tidak terpenuhi.

Cara memupuk cabe baru tanam juga perlu dipertimbangkan agar pupuk terserap oleh akar tanaman secara maksimal, cara aplikasinya harus menyesuaikan dengan musim setempat karena pupuk memiliki sifat yang mudah tercuci dan mudah menguap ke udara.

Dosis Pemupukan Cabe Dan Cara Memupuk Cabe Baru Tanam

Tanaman cabe akan dipindah tanam pada saat berumur satu bulan atau telah memiliki 4 sampai 5 helai daun sempurna. Pada minggu petama setelah tanam tidak perlu melakukan pemupukan sebab tanaman cabe masih dalam keadaan stres dan belum bisa merespon pupuk yang diberikan.

Pada minggu kedua setelah tanam barulah mulai melakukan pemupukan pada tanaman cabe, sebab pada usia ini tanaman cabe telah terlepas dari stres dan telah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga akar tanaman sudah mulai berkembang dan siap menyerap adanya pupuk.

Berikut adalah waktu dan cara pemupukan cabe baru tanam yang disesuaikan dengan umur tanaman :

  • Pada tanaman cabe berumur 2 MST cukup berikan saja 3 gram NPK perpohon, dan pada usia 4 MST berikan lagi 3 gram perpohon.

  • Sedangkan pada umur 6 MST dan 8 MST berikan pupuk NPK diaduk bersama SP-36 dengan perbandingan NPK 100 kg dan SP-36 50 kg, dosis pemupukan 5 gram perpohon.

  • Dan diumur 10 MST dan 12 MST berikan pupuk NPK ditambahkan SP-36 dan pupuk kalium dengan perbandingan 50 kg NPK, 50 kg SP36 dan pupuk kalium 50 kg, ketiga jenis pupuk dicampur rata, dosis pemberian 10 gram pertanaman.

Cara aplikasi pupuk untuk cabe baru tanam ada tiga cara yaitu : 

Sistem tabur, Cara pemberian pupuk dengan cara ditabur mengelilingi sekitaran pohon cabe. untuk tanaman muda umur 2 hingga 4 MST berikan jarak 7 sampai 10 cm dari pangkal tanaman. Sementara untuk tanaman tua diatas 6 MST berikan jarak 15 sampai 20 cm dari pangkal tanaman.

Sistem tugal, Pemupukan cabe setelah tanam dengan cara ditugal sebaiknya dilakukan pada musim penghujan sehingga pupuk tidak mudah hilang karena tercuci.

Buatlah terlebih dahulu beberapa lubang mengelilingi tanaman dengan kedalaman 3 hingga 5 cm. Setelah itu barulah melakukan pemupukan.

Sistem kocor, cara pemberian pupuk pada tanaman cabe dengan sistem kocor yaitu dengan melarutkan pupuk terlebih dahulu menggunakan air sebelum diaplikasikan pada tanaman. 

Caranya ambil pupuk sesuai dosis di atas  lalu larutkan kedalam air sebanyak 200 ml jika hanya melakukan pemupukan untuk satu tanaman, jadi jika larutan yang sobat buat sejumlah satu liter (1000 ml) maka cukup untuk lima tanaman.

Posting Komentar untuk "Cara Pemupukan Cabe Baru Tanam Dengan Waktu Pemupukan Yang Tepat"