Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Fakta-Fakta Menarik Minyak Sawit Berikut Ini!

minyak sawit
Minyak Sawit

Di supermarket atau pusat perbelanjaan biasanya sobat  mungkin melihat banyak jenis minyak masak. Ada minyak kedelai, minyak kacang tanah, minyak bunga matahari, minyak kelapa, hingga minyak sawit. 

Khusus untuk minyak dari sawit ini dikenal lebih populer dan penggunanya juga banyak sekali. Apakah sobat salah satu penggunanya? Jika memang benar begitu, apakah sudah tahu fakta-fakta menarik tentang minyak kelapa sawit? 

Cukup banyak orang yang setiap hari menggunakannya namun belum tahu fakta dari minyak tersebut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan saja pembahasan di bawah ini.

Dibuat Dari Pohon Kelapa Sawit yang Tumbuh di Daerah Tropis

Minyak kelapa sawit tentunya dihasilkan dari pohon kelapa sawit. Sobat harus tahu pohon kelapa sawit tidak bisa hidup di sembarang tempat. Pohon ini bisa tumbuh dalam kondisi lingkungan dengan banyak sinar matahari, suhu panas, serta curah hujan yang tinggi.

Salah satu jenis minyak masak ini juga diekstraksi dari tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang sudah dipanen. Daging buahnya dipakai untuk membuat minyak, sementara bagian biji yang diolah melalui proses rafinasi menjadi minyak inti sawit.

Sebagai informasi saja, produsen utama minyak kelapa sawit ini adalah Indonesia dan Malaysia. Keduanya diketahui bersama-sama menyumbang hampir 85% dari produksi minyak kelapa sawit dunia.

Merupakan Bahan Hemat Sumber Daya, Sehat, Serta Serbaguna

Minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati yang paling hemat sumber daya. Pasalnya, pohon kelapa sawit membutuhkan lahan jauh lebih sedikit untuk menghasilkan produktivitas panen yang sama dengan jenis minyak lain.

Contohnya setiap hektar lahan hanya menghasilkan 0,7 minyak bunga matahari. Dengan lahan yang sama ternyata mampu menghasilkan minyak sawit sebesar 3,8 ton. Selain itu, luas lahan yang sama juga dapat menghasilkan 5 kali kuantitas minyak biasa saat dipakai untuk budidaya minyak kelapa sawit.

Bukan hanya produktivitas tinggi saja. Namun kandungan nutrisi di dalamnya juga jauh lebih besar. Minyak kelapa sawit mengandung antioksidan yaitu vitamin E. Zat ini berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, hingga menurunkan resiko kanker.

Hal tersebut menjadikan minyak kelapa sawit memiliki sifat serbaguna dan efisien. Sehingga akhirnya banyak dipilih dan dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kue sampai kosmetik.

Diproduksi Secara Bertanggung Jawab Dengan Metode Perkebunan Berkelanjutan

Untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit yang baru, harus dilakukan proses penebangan. Hal ini sebenarnya dapat berpengaruh pada masyarakat sekitar maupun hewan liar sekitar lokasi perkebunan. 

Bahkan Kawasan perkebunan yang ditebang biasanya tidak menerapkan konsep berkelanjutan. Misalnya seperti tebang bakar yang dapat berakibat fatal seperti polusi udara hingga erosi tanah.

Tapi, sobat juga harus tahu jika minyak kelapa sawit juga dapat diproduksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Budidaya kelapa sawit dapat diterapkan dengan metode berkelanjutan dengan catatan dilakukan dengan cara yang tepat hingga mentaati sejumlah aturan yang berlaku.

Dapat dipergunakan Untuk Membuat Berbagai Barang Kebutuhan Sehari-hari

Dari sekian jenis minyak nabati, minyak kelapa sawit ini adalah paling serbaguna. Minyak ini bisa dirafinasi menjadi produk dengan karakteristik fisik, titik leleh, dan tekstur berbeda. 

Artinya, minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai bahan makanan, kosmetik, produk farmasi, pakan ternak, dan lain-lain.

Pada umumnya minyak ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan aneka kue baik kue basah hingga biscuit. Selain itu, margarin yang biasa sobat konsumsi juga berasal dari minyak ini. 

Bahkan, mungkin sobat belum tahu jika kosmetik seperti listrik yang sering digunakan para wanita bersolek, bahan dasarnya juga dari minyak kelapa sawit.

Beberapa obat pun dibuat dari bahan minyak kelapa sawit. Seperti diantaranya adalah obat batuk dan beberapa produk perawatan mulut. Minyak kelapa sawit pada faktanya juga digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen pakan ternak.

Selain itu siapa sangka, minyak sawit mentah atau yang lebih dikenal dengan crude palm oil juga banyak dipakai sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik. 

Artinya minyak kelapa sawit ini bisa memberikan hasil maksimal. Hanya menyisakan sisa yang tak terpakai sehingga minim sekali pembuangan.

Produksi yang Diperkirakan Terus Meningkat

Sekarang ini, gaya hidup masyarakat berubah. Hidup sehat banyak dipilih yaitu dengan menggunakan bahan-bahan nabati untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah penggunaan minyak kelapa sawit ini.

Bayangkan saja, jika makin banyak permintaan maka otomatis produksi juga diperkirakan makin meningkat bukan? Dilansir dari Oil Word, diperkirakan akan terjadi peningkatan produksi minyak nabati di dunia. Termasuk minyak kelapa sawit, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai sekitar 7 juta ton di tahun 2022.

Peningkatan produksi minyak nabati tidak lagi khawatir dapat mengakibatkan dampak negatif pada planet bumi maupun umat manusia. Pihak berwenang bahkan seluruh dunia kini telah menuntut agar kelapa sawit bisa diproduksi lebih berkelanjutan.

Dengan berfokus kepada bagaimana kelapa sawit ditanam, akan mendorong praktik budidaya yang lebih baik serta produktivitas tinggi. Peningkatan kebutuhan produksi sawit yang transparan tidak hanya berdampak positif pada praktek pertanian. Tapi juga pelanggan dapat sekaligus mempelajari manfaat nyata dari komoditas tersebut.

Ada Banyak Tahap yang Ditempuh Sebelum Bisa Menjadi Minyak Siap Pakai

Sobat harus tahu sebelum semua bisa mengkonsumsi minyak kelapa sawit, komoditas tersebut perlu melalui banyak tahapan tertentu. 

Salah satunya adalah langkah pemurnian minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Pada umumnya, proses tersebut dilakukan di kilang minyak sebelum nanti siap didistribusikan ke kalangan konsumen dan industri.

  • Minyak Sawit Awalnya Berwujud Semi Padat

Minyak kelapa sawit yang selama ini sobat lihat adalah berwujud cairan seperti minyak pada umumnya. Namun tahukah sobat, jika sebelum berwujud seperti itu, minyak ini bentuknya semi padat pada suhu ruangan. Selain itu dalam wujud ini juga dalam kondisi bebas dari lemak trans.

Karakteristik unik tersebut akhirnya menjadikan minyak kelapa sawit sebagai salah satu bahan terpopuler diantara banyak produk makanan lainnya. Jadi, banyak orang yang tidak ragu memilihnya sebagai bahan pangan sehari-hari.

  • Hidup Tanpa Minyak Kelapa Sawit Terbilang Cukup Sulit

Hal ini wajar terjadi, mengingat kualitas minyak kelapa sawit dapat menghasilkan berbagai produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sobat mungkin akan langsung kagum ketika melihat keberadaan minyak kelapa sawit di sekitar sobat.

Kalau Sobat pecinta coklat, tapi tidak akan bisa menggunakannya sebagai bahan lipstik bukan untuk menjadi lebih cantik? Coklat juga tidak dapat membantu sobat untuk bisa mengendarai mobil atau motor. Sadar atau tidak, minyak kelapa sawit bahkan membantu sebagian besar hidup sobat.

Itu dia tadi apa saja fakta-fakta dibalik minyak sawit. Selama ini sobat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun tanpa tahu apa saja di balik salah satu minyak nabati tersebut. Informasi di atas bisa sobat gunakan sebagai bahan referensi terbaik.

Posting Komentar untuk "Ketahui Fakta-Fakta Menarik Minyak Sawit Berikut Ini!"